Kab. Bogor

Ini Jadwal Masuk IPB University Lewat Seleksi Ketua OSIS

kampus ipb
IPB University

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – IPB University senantiasa berupaya melakukan perbaikan kualitas program pendidikannya. Perbaikan ini mulai dari input, proses hingga kualitas output.

Input calon mahasiswa merupakan unsur penting penentu kualitas lulusan. Oleh karenanya IPB University berupaya mencari calon mahasiswa dengan kualitas terbaik.

Di samping itu, IPB University juga dikenal sebagai perintis beberapa model seleksi masuk perguruan tinggi, yang paling penting adalah jalur seleksi calon mahasiswa tanpa tes yang seleksinya dilakukan menggunakan nilai rapor yang belakangan dielevasi secara nasional menjadi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Tak hanya leading di jalur masuk dengan seleksi nilai rapor, IPB University juga leading dalam seleksi jalur lainnya yaitu jalur Ketua OSIS.

Dr Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan mengatakan pada tahun 2018, IPB University mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa baru. Skema tersebut adalah jalur seleksi khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik.

Baca juga  Pilkada 2024: DPD PAN Kota Bogor Bakal Usung Pasha Ungu

Skema ini merupakan salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA.

Tidak hanya itu, skema ini juga diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB University menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

“Diharapkan skema ini akan menghasilkan calon-calon pemimpin baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, atau menerapkan scientific based leadership,” ujar Dr Drajat, dalam rilis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Rabu (17/2/2021).

Tertarik jadi mahasiswa IPB melalui jalur ini? Berikut jadwal seleksinya:

Pendaftaran : 1 Februari – 14 April 2021

Seleksi : awal Mei 2021

Pengumuman : 28 Mei 2021

Baca juga  Ganjil Genap Sukses Turunkan Hampir 20 Ribu Kendaraan Masuk Kota Bogor, Bima: Mungkin Efek Ayu Tingting

Registrasi online : 29 Mei – 4 Juni 2021

Pengunduhan Tagihan UKT : 7 Juni 2021

Periode Pembayaran UKT : 7-13 Juni 2021 dan
Awal perkuliahan : 16 Agustus 2021

Pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa Jalur Ketua OSIS akan dilaksanakan pada 28 Mei 2021 melalui laman registrasi.admisi.ipb.ac.id.

Perlu diperhatikan juga bahwa jalur Ketua OSIS hanya bisa diikuti oleh lulusan tahun 2021 jurusan IPA, dan rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80.

Adapun tata cara pendaftaran jalur Ketua OSIS IPB University sebagai berikut:

1.Siswa membuat akun di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id, akun siswa dan tagihan biaya pendaftaran akan dikirimkan melalui alamat email siswa.

2.Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu pada bank BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, Mandiri, atau Mandiri Syariah dengan tata cara pembayaran yang dapat dilihat di http://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/

3.Setelah melakukan pembayaran, siswa dapat melanjutkan proses pedaftaran dengan memasukan biodata peserta dan orangtua/wali, informasi sekolah, informasi akademik, pilihan program studi, dan data lainnya di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran yang dimiliki.

Baca juga  Kabupaten Bogor 2020, PAD Melebihi Target, Realisasi Anggaran 93,04 Persen

4.Siswa wajib mengunggah oas foto terbaru berwarna, surat rekomendasi dari Kepala Sekolah dan Surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua OSIS.

5.Apabila seluruh pendaftaran sudah lengkap, siswa akan mendapatkan kartu peserta dan dipersilakan untuk mengunduhnya.

6.Pendaftaran selesai, seluruh data yang sudah dimasukkan tidak dapat diubah.

Untuk kualifikasi pelamar jalur Ketua OSIS harus pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang di perkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai Ketua OSIS. Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top