Kota Bogor

Hari Hutan se-Dunia, Lawalata IPB Bersama Komunitas Kota Bogor Tanam Pohon

Lawalata IPB berkolaborasi dengan sejumlah komunitas di Bogor melakukan kegiatan penanaman pohon, bertajuk, “Boga Karasep: Kolaborasi Menjaga Hutan, Selamatkan Generasi Masa Depan," di Cimahpar, Kota Bogor, Minggu (21/3/2021). (Foto: Lawalata IPB)

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Minggu (21/3/2021) bertepatan dengan Hari Hutan Sedunia, Perkumpulan mahasiswa pecinta alam Lawalata IPB berkolaborasi dengan sejumlah komunitas di Bogor mengadakan kegiatan penanaman pohon, mengusung tema “Boga Karasep: Kolaborasi Menjaga Hutan, Selamatkan Generasi Masa Depan.”

Kegiatan penanaman pohon dilakukan di Area Cico Resort, Cimahpar, Kota Bogor Bogor, melibatkan 6 komunitas dan 35 peserta.

Komunitas yang terlibat antara lain Lawalata IPB, Forum Anak Kota Bogor, Forum Anak Bogor Utara, Forum Anak Cimahpar, PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat), dan dihadiri juga oleh DP3A (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kota Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga  PD-PPJ Tanam Pohon Hijaukan Pasar Bogor

“Generasi Z haruslah meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan dan lingkungan,” kata  Ketua Pelaksana Assyfa Uzzohro Khoerunnisa, yang juga Ketua Forum Anak Kota Bogor.

Gadis berusia 16 tahun ini berharap dengan kegiatan tersebut semua anak muda jadi lebih aware terhadap lingkungan.

Dalam kesempatan itu, Irwan Riyanto Msi, perwakilan dari pemerintahan menjelaskan pentingnya hutan untuk peradaban. Irwan mengajak peserta mengingat motto Kota Bogor yaitu “Dinu Kiwari Ngancik NU Bihari Seuja Ayeuna Sampeurun Jaga” yang artinya “Apa yang telah dinikmati oleh masa sekarang adalah hasil pekerjaan orang terdahulu dan apa yang diperbuat oleh orang di masa sekarang adalah warisan untuk masa depan.”

“Hal ini perlu diingatkan agar kita semua lebih peduli untuk masa depan lebih baik selaras dengan hutan dan lingkungan,” kata Irwan.

Baca juga  Wakil Wali Kota Bogor Apresiasi Tinggi GTP

Masing-masing perwakilan organisasi/komunitas kemudian melakukan penanaman pohon di dampingi oleh anggota Lawalata IPB. Penanaman pohon disertai pengenalan nama atau varietas pohon yang ditanam.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari

Zufar Fauzan (L-423) dari Lawalata IPB yaitu) dan Melika Jehan (L-426), memaparkan makna Hari Hutan se-Dunia, fungsi hutan terhadap ekologi, ekonomi dan sosial, serta teknik menanam yang baik dan benar.

Dalam sesi diskusi kedua aktivis Lawalata IPB itu juga memaparkan permasalahan hutan di Indonesia dan bagaimana peran generasi muda untuk menyelamatkan masa depan dengan mementingkan aspek lingkungan lestari. [] Admin/Kiriman Muhammad Anugerah Raharjo (Anggota Muda Lawalata IPB dan Ziadatunnisa Ilmi Latifa (L-405)

Baca juga  Pimpinan DPRD se-Indonesia Tanam Pohon di Kota Bogor
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top