Kota Bogor

Dirut PPJ Sebut Ada Kenaikan Harga Daging Meski Tidak Signifikan

Bazar sembako murah di Pasar Sukasari, Kota Bogor, Jumat (22/1/2021)

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor Muzakkir mengatakan ada kenaikan harga daging sapi meski tidak signifikan. Kenaikan harga antara Rp2.000 – Rp5.000.

Hal itu dikatakan Muzakkir di Pasar Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jumat (22/1/2021).

Sebagai informasi, hari ini Perumda PPJ kembali menggelar bazar sembako murah di Pasar Sukasari.

Perumda PPJ rutin menyelenggarakan operasi pasar untuk menekan harga beberapa kebutuhan.

“Kita gandeng vendor-vendor besar untuk bantu pemerintah bantu untuk memberikan harga yang terbaik dan terjangkau buat masyarakat,” kata Muzakkir.

Muzakkir menjelaskan, bahwa saat ini yang menjadi pembahasan yaitu kenaikan harga cabai terutama di cabai rawit yang harganya mencapai kisaran Rp90 sampai Rp95 ribu.

Baca juga  Kembali Ngantor Usai Covid-19, Ade Yasin Tinjau RSUD Cibinong

Kedua, lanjut Muzakkir, yang menjadi sorotan lainnya adalah daging. Menurutnya di beberapa daerah ada kemogokan pedagang daging sehingga menimbulkan kelangkaan daging di beberapa pasar.

“Di Kota Bogor sendiri kita monitor di rumah pemotongan hewan (RPH) terjadi penurunan pemotongan sapi, jadi yang biasanya perhari 30 ekor, tiga hari ini rata-rata di angka 20 ekor, ini tandanya ada penurunan dan dari data yang ada, itu masih mencukupi kebutuhan sehari-hari di Kota Bogor dan sisi harga juga ada kenaikan tapi tidak signifikan antara Rp2.000 sampai Rp5.000,” jelasnya.

Tujuan bazar sembako murah ini, kata Muzakkir untuk menstabilkan harga dan penurunan harga, bukan penurunan pembelian.

Baca juga  Dedie Rachim: Pemkot Bogor Sudah Sosialisasi ASN Dilarang Libur Imlek ke Luar Kota

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Distribusi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Ivan Wijayanto menuturkan di tahun 2021 ini pihaknya bekerjasama dengan Badan Ketahanan Kementan dan pasar mitra tani untuk menggelar bazar sembako murah ini, karena harga pangan di pasar tani relatif murah dibandingkan dengan harga pasar.

“Sementara ini bazar sembako murah ini kita roling 5 pasar di Kota Bogor. Pasar Sukasari ini pasar keempat, sebelumnya telah digelar di Pasar Anyar, Pasar Bogor, Pasar Merdeka dan hari ini di pasar Sukasari serta terakhir kita akan gelar di pasar Gunung Batu,” ungkapnya.

Untuk diketahui di bazar sembako murah ini ada beras seharga Rp44.000 per karung, bawang merah Rp23.000 per kg, bawang putih Rp17.500 per kg dan minyak goreng Rp11.500 per pack. Lalu ada juga gula pasir seharga Rp12.000 per kg, telur ayam Rp22.000 per kg, cabe merah keriting Rp20.000 per setengah kilogram dan cabe rawit merah Rp30.000 per setengah kilogram. [] Ricky

Baca juga  Jubir Covid-19 Kabupaten Bogor: Positif Turun, 39, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top