Kab. Bogor

CARE LPPM IPB University dan Pertamina EP Latih UMKM Kembangkan Strategi di Era Digital dan Pandemi

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pusat Kajian Resolusi Konflik (CARE), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University bekerja sama dengan PT Pertamina EP Zona 7 Jatibarang Field menggelar Pelatihan Awareness “Strategi Inovasi UMKM Pangan di Era Digital dan Pandemi COVID-19”, pekan lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh 70 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Mereka berasal dari wilayah Bogor, Cirebon, Indramayu, Majalengka, Subang dan Kuningan, serta wilayah-wilayah lain di luar Pulau Jawa, seperti Tabalong dan Banggai.

Kegiatan ini menghadirkan Prof Rizal Syarief, Guru Besar IPB University sekaligus Ketua Dewan Penasihat CARE IPB University, Hani Handayani, ST, Kasie Agro dan Makanan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Indramayu dan Agus Setyaji, Pakar Digital Marketing.

Baca juga  Corona Kota Bogor: Positif 73, Sembuh 43, Meninggal 1

Dalam paparannya, Prof Rizal Syarief, membawakan materi “Strategi Inovasi UMKM Pangan di Era Pandemi”. Menurutnya, pandemi COVID-19 telah menciptakan kebiasaan baru yang dapat menjadi peluang untuk menciptakan produk yang inovatif bagi UMKM. Selain itu, pengemasan produk yang baik dan strategi penjualan melalui media sosial juga dibahas oleh Prof Rizal.

Sementara itu, Hani Handayani, ST memaparkan topik berjudul “Aspek Legalitas Produk Olahan Pangan”. Menurutnya, penting bagi pelaku UMKM untuk memenuhi aspek legalitas untuk menjamin keamanan produk yang akan dijual.

Agus Setyaji dengan topik Strategi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM membagikan tips untuk menentukan target sasaran pemasaran, alasan konsumen membeli produk kita, dan proses dalam meraih pembeli.

Baca juga  Corona Kabupaten Bogor: Positif Masih di Atas 90 Orang, Semua Kecamatan Zona Merah

Sunadi, salah seorang peserta mengatakan bahwa kegiatan ini membuka wawasan pelaku UMKM untuk menyiapkan strategi penguatan produk dan pemasaran yang sesuai dengan era digital di tengah kondisi pandemi. Pelaku UMKM menyambut positif dan berkomitmen siap berperan aktif dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Hingga saat ini CARE LPPM IPB University dan PT Pertamina EP Regional 2 Zona 7 Jatibarang Field telah mendampingi masyarakat dan UMKM di Kabupaten Indramayu. Tepatnya di Desa Losarang, Jumbleng, Karanganyar dan Karanglayung serta Kabupaten Majalengka yang berlokasi di Desa Bongas Wetan dan Cidenok. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top