Kab. Bogor

Camat Cijeruk Telusuri Jalan Desa yang akan Didanai Program Samisade

Camat Cijeruk Hadijana telusuri jalan yang diajukan dalam program Samisade

BOGOR-KITA.com, CIJERUK – Camat Cijeruk Hadijana meninjau langsung kondisi infrastruktur yang diajukan pemerintah desa melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade)

Menurut Hadijana, untuk memastikan alokasi anggaran Samisade ke setiap desa yang mengajukan, pihaknya berkewajiban memastikan kondisi infrastruktur tersebut dengan urgensi. Jangan sampai, anggarannya dialokasikan kurang tepat.

“Kan kalau melihat keinginan bupati, program Samisade ini bisa membangun infrastruktur, baik antar desa maupun akses menuju tempat wisata,” ujar Hadijana, Kamis (7/1/2021).

Untuk itu, perlu pemahaman kepada kepala desa dalam mengalokasikan anggaran dari program yang diusung Bupati dan Wakil Bupati Bogor ini. Dari hasil pemantauan ke lapangan, banyak infrastruktur desa memang tidak bisa terbangun melalui dana desa karena anggaran yang terbatas.

Baca juga  Satpol PP Turun ke PT Acon Gunungsindur, Hasil Pemeriksaan Sedang Disusun

Sementara, kebutuhan pembangunan lumayan besar. Sehingga dengan program Samisade ini beberapa ruas jalan desa atau pun jalan penghubung antar desa bisa dibangun melalui anggaran Samisade.

“Dalam setiap desa kebutuhan infrastruktur sangat beragam, tapi yang jelas saya tekankan para kepala desa untuk bisa membangun akses jalan antar desa yang sebelumnya belum ada,” ucapnya.

Dengan begitu, jalan baru antar desa bisa dibuka. Sehingga, setiap desa di Kecamatan Cijeruk bisa terintegrasi, dan bisa menjadi mobilitas warga. “Terus yang di desanya memiliki tempat wisata, dan infrastrukturnya kurang layak, ya dibangun selayak mungkin, sehingga, ketika jalan sudah bagus, objek wisata itu pun lambat laun akan mengalami peningkatan dalam soal kunjungan,” bebernya.

Baca juga  HUT Ke-4, KOPAMA Akan Bangun Kantor Pusat Sebagai Bisnis Centre

Ia menambahkan, delapan desa di Kecamatan Cijeruk sendiri sudah mengajukan permohonan anggaran Samisade dalam bentuk proposal. “Ya tinggal menunggu survei dari DPMD,” ucapnya.

Ia berharap, melalui program Samisade ini pembangunan desa akan lebih masif dilakukan dan berdampak ke semua sektor. Sehingga tidak ada lagi infrastruktur di desa yang kurang layak.

“Otomatis kalau jalan bagus, perekonomian pun akan tumbuh,” tandasnya. [] Danu

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top