Bupati Bogor Ade Yasin didampingi Penjabat (Pjs) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Baznas dengan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Se-Kabupaten Bogor di Auditorium Setda, Cibinong, Senin (23/4/2019).

Bupati Bogor: Uang Baznas Jangan Untuk Acara Seremonial  

BOGOR-KITA.com – Bupati Bogor Ade Yasin didampingi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Baznas dengan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Se-Kabupaten Bogor di Auditorium Setda, Cibinong, Selasa (23/4/2019).

Dalam sambutannya, Ade Yasin mengapresiasi terhadap penyelenggaraan rakor sebagai upaya untuk mewujudkan keterpaduaan dan keselarasan perencanaan.

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan rakor ini. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mewujudkan keterpaduan dan keselarasan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas pengumpulan, pendistribusian, pendayagunaan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya. Rakor ini juga sebagai bahan monitoring, evaluasi, pelaporan dan pertanggung jawaban, perlu kita ketahui juga Baznas menjadi salah satu pilar untuk mewujudkan visi terwujudnya Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban,” jelasnya.

AdeYasin mengatakan pula, uang baznas tidak boleh dipakai untuk kegiatan yang sifatnya seremonial. “Saya tidak ingin uang baznas dipakai untuk kegiatan yang sifatnya seremonial, lebih baik uang itu disalurkan untuk masyarakat,” tambah Bupati.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bogor Lesmana menyampaikan bahwa pada tahun 2018 Baznas Kabupaten Bogor telah mengumpulkan dana zakat, infak, sedekah dari para ASN Kabupaten Bogor serta masyarakat muslim Kabupaten Bogor kurang lebih sebesar Rp6 miliar.

“Alhamdulillah pada tahun 2018 telah terkumpul sebanyak kurang lebih 6 miliar dana zakat, infak, sedekah dari para ASN dan Masyarakat muslim Kabupaten Bogor. Uang tersebut disalurkan kepada mustahik yang ada di Kabupaten Bogor untuk membantu kebutuhan dasar hidup mustahik seperti kesehatan, pendidikan, biaya hidup sehari-hari dan juga dana ZIS yang terkumpul disalurkan untuk kegiatan keagamaan, bantuan bencana alam, bantuan perbaikan rumah tidak layak huni,” jelas Lesmana.

Lesmana juga mengatakan, bertepatan dengan peringatan Nuzurul Qur’an 17 Ramadhan 1440 H, Baznas Kabupaten Bogor Insya Allah akan menyalurkan dan zakat kepada 1.000 pimpinan dan guru agama pondok pesantren se-Kabupaten.

“Sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan, Insya Alloh Baznas Kabupaten Bogor akan menyalurkan dana zakat kepada 1.000 pimpinan dan guru agama pondok pesantren se-Kabupaten Bogor. Dana zakat, infak, sedekah yang telah disalurkan adalah hasil dari pengumpulan zakat profesi atau penghasilan dari seluruh ASN Kabupaten Bogor dan seluruh ASN dari Kementerian Agama, BUMD Kabupaten Bogor dan juga dari masyarakat Kabupaten Bogor,” tambahnya. [] Admin/Diskominfo Kabupaten Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *