Bupati Bogor Ade Yasin memimpin rapat evaluasi pimpinan bersama wakil bupati, sekda dan para asisten di Ruang Rapat Buapti di Pendopo Bupati, Cibinong, Senin (17/2/2020).

Bupati Bogor Imbau Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Bupati Bogor, Ade Yasin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan sensus penduduk (SP) tahun 2020 yang akan digelar 15 – 31 Februari 2020 untuk sistem online dan 1 – 31 Juli untuk sistem wawancara.

Hal itu dikatakan Ade Yasin dalam rapat evaluasi pimpinan bersama wakil bupati, sekda dan para asisten di Ruang Rapat Bupati, di Pendopo Buapti, Cibinong, Senin (17/2/2020).

“Saya mengimbau dan mengajak para OPD, camat, lurah, kepala desa, dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bogor untuk mendukung dan menyukseskan sensus penduduk 2020, serta berperan aktif menyosialisasikan dan memublikasikan pelaksanan SP 2020 dimulai dari keluarga, tempat tinggal, dan tempat kerja,” ujarnya

Bupati Ade Yasin menegaskan, sensus penduduk tahun 2020 bertujuan untuk memperoleh data penduduk terbaru dan akurat dan data ini merupakan indikator yang sangat penting dalam menentukan kebijakan pembangunan nasional dan daerah ke depan.

“Data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki satu sumber kependudukan, sehingga menguatkan pijakan dalam merencanakan suatu program maupun kebijakan,” katanya.

Ade Yasin juga mengatakan bahwa selain memiliki jumlah penduduk yang banyak, Kabupaten Bogor juga memiliki wilayah yang luas. Kondisi tersebut membutuhkan strategi percepatan pembangunan yang serius, serta tenaga dan pemikiran yang ekstra.

“Untuk itu, membangun Kabupaten Bogor bukan hanya tugas Pemerintah Kabupaten Bogor semata, namun juga menjadi tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Ia juga meminta perusahaan swasta di Kabupaten Bogor terlibat dalam membangun infrastruktur di Kabupaten Bogor melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) masing-masing.

“Saya berharap adanya kontribusi bersama dari perusahaan-perusahaan di Kabupaten Bogor,” sebutnya.

Sementara itu, Kasi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor, Ujang Jaelani mengatakan  Kabupaten Bogor merupakan dearah dengan penduduk terbanyak se-Indonesia.

“Kita perkirakan tahun 2020 penduduk Kabupaten Bogor akan tembus 6 juta jiwa,” ungkapnya

Ia menyebutkan, angka terakhir jumlah penduduk Kabupaten Bogor pada tahun 2019 yaitu sebanyak 5.965.410 jiwa dengan komposisi, lak-laki 3.045.174 jiwa, dan perempuan 2.920.236 jiwa.

Jumlah tersebut lebih banyak sekitar 2 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Bogor pada tahun 2018, yaitu sebanyak 5.840.907 jiwa.

Menurutnya, tren pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bogor dari tahun ke tahun ada di kisaran 2 persen. Hal itu yang mendasari perkiraan jumlah penduduk di Kabupaten Bogor mencapai angka 6 juta jiwa pada tahun 2020. [] Admin/Diskominfo Kabupaten Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *