Kab. Bogor

BPRS Botani IPB Dukung Penuh Alumni yang Bergerak di Pertanian

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Direktur Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Botani IPB University, Iwan Rudi Saktiawan, SSi, MAg, CIRBD, mengatakan bahwa BPRS Botani akan memberikan stimulasi kerjasama dengan alumni IPB University yang memiliki usaha di bidang pertanian atau sesuai dengan keilmuan IPB University.

Hal ini disampaikan Iwan saat berkunjung ke PT Mina Aquatik Nusantara atau Minaqu, Minggu (11/10/2020).

Dalam rilis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Senin (12/10/2020), disebutkan, sebagai bagian dari ekosistem IPB University, kerjasama-kerjasama tersebut diharapkan menjadi bagian dari kontribusi BPRS Botani kepada pembangunan pertanian dalam arti luas.

“Selain pengembangan marketplace usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) perikanan, kerjasama lain yang kami lakukan dengan Minaqu adalah pengembangan usaha raiser ikan hias skala rumah tangga yang di atasnya dilengkapi dengan hidroponik. Bisnis ini cocok untuk kondisi saat ini. Sebagai dampak negatif pandemi COVID-19 di sektor ekonomi, banyak masyarakat yang dirumahkan. Dengan adanya pemeliharaan ikan hias skala rumahan, diharapkan banyak yang bisa berpenghasilan meskipun di rumah saja. Selain itu, dengan konsep ini perumahan dosen dan tenaga kependidikan IPB University yang tengah dipersiapkan oleh BPRS Botani akan ditambah dengan fitur raiser ikan hias yang dipasarkan ke luar negeri (diekspor),” imbuhnya.

Baca juga  Awas Jamur Ajaib, Termasuk NAPZA

Minaqu adalah perusahaan yang dirintis oleh beberapa alumni IPB University dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). M Achlis, Direktur PT Minaqu menyampaikan bahwa selain bisnis, pemberdayaan masyarakat menjadi orientasi perusahaannya. Yakni dengan memasarkan produk-produk UMKM perikanan secara online.

“Tak hanya dipasarkan di dalam negeri, Minaqu telah menjalin kerjasama dengan pasar luar negeri sehingga hasil perikanan UMKM tersebut diekspor ke Amerika, Eropa dan negara Asia lainnya.  Selain itu, Minaqu bergerak dalam jasa pengiriman ikan hidup baik domestik ataupun ekspor serta pelatihan tentang perikanan secara online maupun offline,” imbuhnya. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top