Bima Arya saat menjadi pembicara dalam diskusi nasional bertajuk 'Indonesia 2045: Berdaulat, Maju, dan Berpengaruh pada Tataran Global' di Gedung Merdeka, Bandung, Jumat (5/4/2019).

Bima Imbau Kepala Dinas Gaul dengan Industri 4.0

BOGOR-KITA.com – Bukan hanya generasi milenial, kepala dinas pun harus bergaul dengan era industri 4.0.

Hal ini dikemukakan Wali Kota Bogor Bima Arya saat menjadi pembicara dalam diskusi nasional bertajuk ‘Indonesia 2045: Berdaulat, Maju, dan Berpengaruh pada Tataran Global’ di Gedung Merdeka, Bandung, Jumat (5/4/2019).

Bima mengatakan, untuk menyongsong 2045, generasi hari ini harus menyiapkan masa depan dengan fokus pada aspek-aspek peluang.

“Harus bisa baca Indonesia ini akan bergerak ke mana? kondisi global kecenderungannya apa? Lalu apa yang mesti dipersiapkan? Hari ini kita melihat dunia digital, industri kreatif 4.0 itu tengah menjadi perbincangan hangat. Anak muda harus membaca itu kemudian menerjemahkan itu menjadi peluang,” jelasnya.

Tidak hanya kepada generasi milenial, Bima Arya juga berpesan kepada jajaran kepala dinasnya untuk lebih paham teknologi. “Karena sekarang ini eranya kolaborasi. Saya minta kepala dinas gaul, berkolaborasi dengan startup, 4.0 seperti apa. Kalau tak bisa membaca tanda-tanda zaman, bisa balik lagi ke zaman ‘dinosaurus’,” kata Bima.

Di era seperti saat ini, lanjut Bima, diperlukan peran pemimpin yang visioner yang memiliki mimpi melampaui zamannya. “Sejarah bangsa ini ditentukan oleh kapasitas kepemimpinan. Banyak sosok pemimpin Indonesia yang inspiratif, bukan saja di pemerintahan tetapi juga di sektor corporate, komunitas dan lain sebagainya. Mereka  memiliki gagasan yang inovatif dan kreatif, dan yang paling penting adalah jiwanya kolaboratif. Jadi, bagi saya tidak ada yang bisa dikerjakan sendiri. Semuanya harus berkolaborasi, baik dengan komunitas, media, akademisi, swasta dan elemen lain,” beber dia.

Dalam diskusi nasional yang digagas Ikatan Alumni Hubungan Internasional HI Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung itu juga turut menghadirkan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, CEO Standard Chartered Bank Rino Donoseputro, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pusat Rosan Roeslani dan lain sebagainya. [] Admin/ Humas Pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *