Antisipasi Macet Tahun Baru, DLLAJ Siapkan Jalur Tikus di Puncak

Kawasan Puncak

BOGOR-KITA.com – Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Ciawi akan membuka sejumlah jalur tikus atau jalur alternative, di wilayah tersebut sebagai salah satu antisipasi kemacetan yang pasti terjadi pada malam tahun baru.

Kepada PAKAR, Kamis (18/12), Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi (Kasi Dal Ops) DLLAJ Kabupaten Bogor, Bisma Wisuda mengatakan, langkah tersebut merupakan bagian dari pengalihan konsentrasi kendaraan yang diharapkan bisa menjadi solusi dalam  mengurai kepadatan lalu lintas.

“Ciawi merupakan salah satu titik konsentrasi kami pada malam tahun baru, karena wilayah ini merupakan gerbang utama menuju kawasan wisata Puncak. Karena itu, bersama jajaran Kepolisian, sejak dini, kita coba petakan sejumlah jalan alternatif yang dapat dilalui agar tepat di hari H-nya, tidak lagi terjadi antrean panjang,” sebut Bisma saat ditemui PAKAR di Mako DLLAJ Ciawi, tepatnya di pintu keluar Tol Ciawi, Desa Ciawi, Kecamatan Ciawi.

Lebih lanjut. Bisma menjelaskan, selain akan mengurangi jumlah kendaraan yang masuk, pihaknya juga akan mengalihkan sejumlah trayek kendaraan umum untuk sementara waktu dengan sistem buka tutup.

“Untuk kendaraan pribadi yang keluar dari Tol Jagorawi, akan kita alihkan ke Jalan Altenatif Citeko keluar di Pasar Cisarua atau bisa masuk dari Jalan Bocimi Talang Air Desa Teluk Pinang keluar di Cibedug dan masuk jalan alternatif Citeko, sedangkan untuk truk kita akan bahas soal jam lintasan,” sebutnya lagi.

Sementara itu, pantauan PAKAR, Jalan Alternatif Citeko sendiri sudah siap untuk dilintasi. Hal itu terlihat dari rampungnya perbaikan dan perawatan jalan yang digeber Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui DInas Bina Marga dan Pengairan (DBMP).

Dalam pembangunan ini, pemkab juga berhasil memanjangkan rute jalan sepanjang 2,5 kilometer.  Jika sebelumnya kendaraan hanya bisa menembus hingga Pasar Cisarua, kini dapat bisa hingga Taman Safari Indonesia (TSI), Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua. Hal ini dapat terwujud berkat bantuan warga sekitar yang rela menghibahkan tanahnya untuk dibangun jalan oleh Pemkab Bogor. [] Harian PAKAR/Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *