Jika Tol Trans Jawa Berlakukan One Way, Ini Tips Mengatasi Macet

BOGOR-KITA.com, KABUPATEN CIREBON – Hari Sabtu (21/12/2019), jalur Tol Trans Jawa diberlakukan one way atau satu arah, dari Km 70 Gerbang Tol Cikatama, hingga Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung, yang dikhususkan bagi kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Belum ada kepastian apakah one way akan diberlakukan lagi. Kalau  diberlakukan lagi, maka siap-siap macet. Namun ada jalur alternatif.

Kalau menggunakan transportasi massal seperti kereta dan pesawat, pasti tidak macet. Tapi jika menggunakan kendaraan mobil atau motor, pasti terkena macet.

Kalau menggunakan jalur tol dari Jakarta, maka beruntunglah karena bisa menggunakan jalur one way yang lancar. Tapi, bagaimana jika sebaliknya?

Kondisi one way berimbas kepada jalur Pantura yang macet. Jalur dari arah Jawa Tengah maupun Jawa Timur, terpaksa menggunakan jalur Pantura untuk menuju Jakarta. Karena itu, terjadi penumpukan kendaraan di beberapa titik seperti di perempatan lampu merah, maupun tempat lainnya.

Di wilayah Cirebon sendiri, penumpukan terjadi di beberapa titik seperti di Pegambiran, Kedawung, Tengah Tani, maupun Plered. Hal ini dikarenakan Cirebon merupakan titik pertemuan antara jalur menuju Jakarta, Bandung, dan Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Kalau mau menghindari kemacetan, alangkah baiknya menggunakan jalur-jalur alternatif yang bisa dicek melalui Google Maps. Karena, jalur kemacetan diperkirakan akan panjang di wilayah Cirebon. Untuk itu, pastikan jalur yang dirasa aman dari kemacetan dengan Google Maps.

Kalaupun memang harus bertarung dengan kemacetan, alangkah baiknya berisitirahat dulu, bisa di minimarket yang berada di sepanjang jalur Pantura, maupun di rest area. Sebab, kemacetan membuat siapapun akan stres.

Kemudian, siapkan waktu yang longgar. Karena kalau terburu-buru, memicu stres makin tinggi. 

Selain itu, pastikan juga kendaraan dalam keadaan baik, surat-surat lengkap, dan bensin terisi penuh. 

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa digunakan ketika terjebak kemacetan saat diberlakuan one way di tol. Rencananya, sistem one way ini hanya berlaku hari ini saja. Namun, kemungkinan juga bisa diperpanjang. [] Charles



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *