Kota Bogor

576 Atlet dari Berbagai Daerah Ikuti Kejuaraan Bulutangkis Merah Putih Open

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Kejuaraan bulutangkis antar provinsi Merah Putih Open yang dilangsungkan di GOR Kayp1 Situgede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, resmi dibuka pada Jumat (18/8/2023).

Kejuaraan bulutangkis yang merupakan rangakaian Festival Merah Putih 2023 ini buka oleh Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim, didampingi Ketua Pengurus PBSI Kota Bogor, Muzakkir Abdullah, serta Ketua Umum Panitia FMP 2023, Benyamin Mbo’oh.

Kejuaraan Bulu Tangkis Antar Provinsi ini akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 23 Agustus 2023.

PIC Merah Putih Open 2023 yang juga Ketua Umum Pengurus PBSI Kota Bogor, Muzakkir menjelaskan, Merah Putih Open 2023 merupakan turnamen kejuaraan tingkat nasional pertama yang dilaksanakan oleh PBSI Kota Bogor yang bekerjasama dengan Festival Merah Putih (FMP 2023).

Baca juga  2023 BisKita Bakal Dikenakan Tarif, Pelajar Dibedakan

“Yang terdaftar Merah Putih Open 2023 ada 576 peserta dari seluruh Indonesia, di antaranya pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi mempertandingkan 26 kelompok mulai dari usia dini (kelahiran 2015) sampai usia dewasa,” ucap Muzakkir, Jumat (18/8/2023).

Ia mengatakan, turnamen Merah Putih Open 2023 yang memperebutkan total hadiah Rp178.450.000 ini, selain bermanfaat untuk bulutangkis Kota Bogor, juga mampu membangun Sport Tourism.

“Banyak rumah warga di sekitar Venue yang disewakan ke peserta, termasuk memberdayakan UKM dalam menjual berbagai produk dan makanan selama kejuaraan Merah Putih Open 2023 berlangsung,” katanya.

Secara khusus, Muzakkir mengungkapkan, bahwa pengambilan nama Merah Putih Open terinspirasi dari para atlet bulu tangkis Indonesia yang seringkali mengharumkan nama bangsa dengan mengibarkan bendera Merah Putih pada berbagai kejuaraan tingkat dunia.

Baca juga  Dua Orang Kontraktor Korupsi Dijebloskan ke Lapas Paledang

“Kami berharap melalui Merah Putih Open ini menjadi ajang pemacu semangat dan prestasi, semoga lahir atlet-atlet nasional yang akan mengibarkan bendera Merah Putih di berbagai negara melalui prestasinya,” harapnya.

Sementara, Ketua Umum Panitia FMP 2023, Benyamin Mbo’oh menjelaskan, kejuaraan ini dalam rangka mempromosikan semangat persatuan dan kesatuan.

Menurutnya, acara ini akan menyatukan atlet-atlet dari berbagai provinsi di Indonesia, dalam persaingan yang sehat dan penuh semangat Merah Putih dalam rangka memperingati kemerdekaan RI ke-78.

“Kejuaraan ini, tidak hanya menjadi ajang kompetisi bulutangkis, tetapi juga merangkul nilai-nilai kebangsaan yang mempersatukan kita sebagai satu bangsa, dibawah naungan bendera Merah Putih,” kata pria yang kerap disapa Ben ini.

Baca juga  Di Pileg 2024, PKS Kembali Unggul di Kota Bogor

Ben mengungkapkan, ada 576 atlet yang berhasil terverifikasi dari 613 yang mendaftar, termasuk 92 atlet dari Kota Bogor.

Dikatakan Ben, turnamen ini terdiri dari 18 nomor pertandingan untuk peserta dengan tahun kelahiran mulai tahun 2015, Merah Putih Open ini akan menampilkan pertandingan sengit di berbagai kategori yang akan menjadi ajang saling mengasah kemampuan peserta kejuaraan.

“Para atlet dari 33 Kota/Kabupaten dari 15 provinsi yang berpartisipasi akan mewakili keberagaman budaya dan semangat juang dari berbagai pelosok tanah air,” jelasnya.

“Kejuaraan Bulutangkis Antar Provinsi ini juga berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi lokal. Sebanyak 182 atlet tinggal di perumahan penduduk (homestay) di sekitar GOR Kayp1 Situgede, memberikan dampak positif bagi wilayah Bogor Barat,” pungkasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top