170 Mahasiswa IAI-N Laa Roiba Terjun Membangun Desa

BOGOR-KITA.com – Rektor IAI-N Laa Roiba, Yanti Hasbian M.Pd, telah melepas 170 mahasiswa untuk terjun langsung ‘membangun’ masyarakat desa melalui Program Pengabdian Masyarakat. ”Mereka in sha Allah siap berpartisipasi membangun masyarakat melalui pemanfaatan potensi desa terkait. Khususnya melalui kegiatan keagamaan, pendidikan, pengembangan ekonomi kreatif,  dan program ramah lingkungan,” kata Rektor IAI-N Laa Roiba saat melepas mahasiswanya di Kampus Leuwiliang, Bogor, Senin lalu.

PPM adalah kegiatan rutin tahunan kampus sekaligus merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat sebagai wujud Tridharma Perguruan Tinggi. Selain mahasiswa dan dosen pembimbing, ikut hadir melepas PPM Mahasiswa IAI-N 2019 antara lain Camat Leuwiliang Chaeruka Yulianto MSi dan Lurah Purasari Endang Setiawan MSI. Dalam sambutannya, Camat Chaeruka memyampaikan penghargaan dan ungkapan terima kasih kepada Civitas Akademia IAI-N Laa Roiba. ”Atasnama pemerintah daerah dan Camat Leuwiliang, kami menyambut baik kegiatan PPM ini. Kami senang sekaligus bersyukur adik-adik mahasiswa mau terjun ke desa, membangun masyarakat langsung di lapangan,” ungkapnya.

Camat Leuwiliang berharap keberadaan kampus IAI-N dapat memberi manfaat, membawa perbaikan, sekaligus ikut berpartisipasi menyukseskan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat di pedesaan. Harapan senada diungkapkan Lurah Purasari Endang Setiawan MSI saat tampil sebagai narasumber pembekalan terkait pemerintahan desa. Berbagai potensi dipaparkannya di depan 170 mahasiswa peserta PPM.

”Sebagai pimpinan di wilayah PPM, tentu saja kami senang dan bangga. Semoga kegiatan ini membawa pencerahan, menghasilkan berbagai solusi bidang keagamaan, pendidikan dan ekonomi yang ramah lingkungan,” harap Lurah Endang Setiawan.

Kegiatan PPM, menurut Rektor IAI-N Laa Roiba, akan berlangsung satu bulan. Seluruh mahasiswa peserta PPM dibagi menjadi 12 kelompok. Setiap kelompok akan membina 12 RW. Semuanya di Desa Purasari. ”Desa Purasari ini selanjutnya akan menjadi desa binaan. Harapannya, dalam masa lima tahun, desa binaan itu dapat lebih maju, IPM desa meningkat signifikans, masyarakatnya lebih sejahtera, mandiri, dan dan berkeadaban sesuai dengan visi Kabupaten Bogor.”

Selain sebagai tempat latihan mahasiswa untuk belajar bermasyarakat, kegiatan PPM juga diharapkan menjadi media berbagi ilmu dari mahasiwa, sesuai bidangnya masing-masing.

”Pada waktunya, pengalaman PPM menjadi bekal pengalaman hidup yang sangat berharga. Bagi masyarakat, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas keagamaan menuju iman dan taqwa.”

Selain itu, tambah Rektor IAI-N Laa Roiba, PPM diharapkan membantu meningkatkan kualitas SDM melalui program pelatihan BUMDES, pendidikan kesetaraan fungsional, pendampingan pengelolaan lembaga sekolah, pendampingan UKM serta program ramah lingkungan. Tak ketinggalan pula turut membantu mensukseskan program pemerintah daerah dalam mengatasi masalah pola asuh anak dan remaja, masalah penyimpangan moral, serta masalah sosial masyaraat lainnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *