Pengenalan Travinesia dihadiri Kadisparbud kota Bogor Syahlan Rasyidi dan Dirut PD PPJ Muzakkir

Yuk Berwisata dengan Travinesia.com Karya Alumni IPB

BOGOR-KITA.com – Sebagai upaya dalam memajukan sektor pariwisata nasional, Ghulam Halim Furqoni bersama tujuh orang temannya mengembangkan e-commerce market yang diberi nama travinesia.com.

Travinesia.com merupakan sebuah market place yang mewadahi agen travel yang menjual berbagai paket wisata. Tidak hanya paket wisata ke tempat-tempat yang sudah umum dan terkenal, di travinesia juga menyediakan paket wisata baru yang belum dikenal oleh masyarakat luas.

“Kami berusaha memberikan wadah kepada agen travel, terutama agen travel yang berbentuk UMKM kecil yang memang kesulitan dalam memasarkan paket wisatanya,” tutur Ghulam yang merupakan alumni Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor beberapa waktu lalu.

Ghulam mengaku, agen travel pada umumnya hanya mempromosikan paket wisatanya melalui media sosial saja dan hanya sedikit yang memanfaatkan website sebagai media promosi.

Menurutnya, agen travel yang sudah memanfaatkan website sebagai media promosi adalah agen travel yang sudah besar dan memiliki modal banyak. Padahal masih banyak agen travel yang berbentuk UMKM sehingga perlu dibantu untuk dipromosikan.

Di sisi lain, lanjut Ghulam, banyaknya praktik penipuan yang dilakukan oleh pihak agen travel turut mempersulit traveler dalam mencari agen travel terpercaya.

“Biasanya agen travel meminta uang bayaran kepada traveler di awal ketika memesan, sedangkan pas hari keberangkatan, agen travel tersebut justru tidak mengontak traveler yang sudah memesan tiket sebelumnya,” tutur Ghulam.

Untuk mengatasi hal tersebut, travinesia memberikan jaminan kepada traveler yang memesan paket wisata yang disediakan. Jaminan tersebut berupa uang kembali apabila traveler tidak bertemu dengan agen travel di hari keberangkatan yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk pembayaran kepada agen travel dilakukan setelah agen travel bertemu dengan traveler yang sudah memesan. Agen travel dan traveler diminta melakukan konfirmasi pertemuannya kepada admin travinesia untuk keperluan proses pencairan dana.

Sebelum melakukan pemesanan paket wisata di travinesia.com, traveler dapat melakukan komparasi harga dengan fasilitas yang disediakan. Komparasi harga tersebut perlu dilakukan supaya traveler tidak merasa dirugikan karena harga yang mahal sedangkan fasilitas yang diberikan kurang memadai.

Paket wisata yang tersedia di travinesia.com terbagi menjadi delapan kategori. Yaitu beach, mountain, city tour, adventure, culture, honeymoon, sailing dan halal trip. Tidak hanya paket wisata ke tempat-tempat populer, tetapi disediakan juga paket wisata ke tempat-tempat baru yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

“Di Indonesia ini masih banyak tempat-tempat wisata yang belum terekspos, jadi kami menyediakan tempat wisata baru dengan mengajak agen travel terdekat di tempat tersebut. Kami juga menyediakan dua tipe trip, yaitu open trip dan private trip,” tambah Ghulam.

Open trip disediakan bagi traveler yang suka menambah kenalan baru sehingga dalam satu destinasi paket wisata dapat berisi traveler dari berbagai daerah. Berbeda dengan open trip, private trip lebih dikhususkan bagi traveler yang ingin menikmati wisata bersama keluarga dan sahabat.

Sektor pariwisata menjadi salah satu primadona dalam pembangunan nasional dalam beberapa tahun terakhir. Tercatat bahwa pada tahun 2018 devisa yang berhasil didapatkan dari sektor pariwisata sebesar US$ 17,6 milyar. Perolehan tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2017 yang hanya US$ 16, 8 milyar.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia untuk berwisata juga mengalami peningkatan. Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2018 tercatat sebanyak 16,7 juta orang, sedangkan wisatawan nusantara atau domestik (wisnus) mencapai 270 juta orang. [] Admin / Rilis IPB University



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *