Kab. Bogor

Wifi Gratis Pemkab Bogor Sudah Mulai Diuji Coba

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Pemasangan wifi gratis yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dalam program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), mulai diuji coba.

Hingga 20 Oktober 2020, sudah ada 29 titik di 10 kecamatan yang sudah dipasang jaringan wifi. Hal ini dikatakan Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan, saat ditemui BOGOR-KITA.com, di Sekretariat Satgas Covid-19, Komplek Pemkab Bogor, Cibinong, Rabu (21/10/2020) malam.

“Dari hasil laporan tim teknis di lapangan, hingga tanggal 20 kemarin (Oktober-red) sudah 29 titik jaringan di 10 kecamatan. Mudah-mudahan bisa segera terpasang dan dapat dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Bogor, khususnya para pelajar di masa pamdemi sekarang,” ujar Irwan.

Lebih lanjut dikatakan Irwan, dalam pelaksanaannya nanti, jaringan wifi ini akan dikelola oleh koryandik dan kecamatan masing-masing. Karena, wifi ini akan bersifat kontinu setiap tahun.

“Untuk pengaturan password dan pengawasannya ada di koryandik dan kecamatan dan dibantu oleh tim Satgas yang dibentuk dan diperbantukan untuk pengawasan. Satgas ini terdiri dari elemen yang ada di kecamatan, seperti dari UPT Pendidikan, desa dan lainnya,” papar Irwan lagi.

Baca juga  Ratusan UMKM Ikuti Pelatihan Rumah Kemasan Zona Madina

Ditanya soal kapasitas, Irwan menyebut jika wifi yang dipasang ini memiliki kapasitas 20 Mbps dan dapat digunakan oleh banyak pelajar atau no limit. “Dari enam titik yang diusulkan, Diskominfo sendiri hanya memprioritaskan pemasangan di masjid besar kecamatan dan taman kecamatan. Sisanya diusulkan oleh kecamatan masing-masing sesuai dengan kebutuhan warga pemakaian,” ungkapnya.

Kendati begitu, Irwan mengaku, kendala utama dalam hal pemasangan wifi ini tak lepas dari hal teknis. Salah satunya adalah jaringan sinyal. “Kadang, ada titik yang sudah diusulkan dan waktu disurvey oleh tim ternyata terkendala jaringan sehingga kita harus menggeser titik lokasi. Tapi, mudah-mudahan semua kendala bisa segera teratasi dengan baik, sehingga apa yang kita targetkan yakni pemasangan wifi di 240 titik ini dapat segera terealisasi dan bisa dimanfaatkan oleh warga,” tandasnya. [] Fauzan

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 7

Terpopuler

To Top