Nasional

WHO: Covid-19 Bukan Pandemi Terakhir, Masyarakat Dunia Perlu Bersiap

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Covid-19 yang sekarang tengah menyerang dunia, bukanlah pandemi terakhir, oleh karena itu setiap negara harus belajar untuk bisa mengurangi risiko pandemi berikutnya.

Hal ini diungkapkan Tredros Adhanom Ghebreyesus Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss, Senin (7/9/2020) malam.

Ghebreyesus mengingatkan agar negara-negara untuk berinvestasi besar-besaran dalam infrastruktur kesehatan masyarakat, sehingga korban dapat diminimalkan ketika pandemi berikutnya terjadi.

“Ini bukan pandemi terakhir. Sejarah mengajarkan kita bahwa wabah dan pandemi adalah fakta kehidupan. Tetapi ketika pandemi berikutnya datang, dunia harus siap – lebih siap daripada saat ini,” harap Ghebreyesus.

Dalam pengarahan hariannya di Kantor Pusat WHO itu, Ghebreyesus juga memuji Thailand, Mongolia, Senegal, dan negara-negara lain atas tanggapan mereka yang cepat dan terbilang berhasil dalam menghadapi serangan virus tersebut.

“Banyak dari negara-negara ini berhasil dengan baik karena mereka belajar dari wabah SARS, MERS, campak, polio, Ebola, flu dan penyakit lain sebelumnya,” kata Ghebreyesus. “Itulah mengapa penting bagi kita semua untuk mempelajari pelajaran yang diajarkan pandemi ini kepada kita,” tambahnya.

Sampai Selasa (8/9/2020), lebih dari 27,48 juta orang telah dilaporkan terinfeksi oleh virus corona secara global dan 896.867 telah meninggal sejak kasus pertama diidentifikasi di China pada Desember 2019. [] Anto

Baca juga  Tips Upgrade Skill Selama Pandemi Covid-19
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

46 − = 43

Terpopuler

To Top