Kab. Bogor

Universitas Teuku Umar dan Universitas Medan Area Kerjasama dengan IPB University

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan secara virtual oleh Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dan Rektor Universitas Teuku Umar, Prof Dr Jasman J Ma'ruf serta Rektor IPB University dengan Rektor Universitas Medan Area, Prof Dr Dadan Ramdan, Selasa (23/2/2021).

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Universitas Teuku Umar  dan Medan Area jalin kerja sama dengan IPB University. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan secara virtual oleh Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dan Rektor Universitas Teuku Umar, Prof Dr Jasman J Ma’ruf serta Rektor IPB University dengan Rektor Universitas Medan Area, Prof Dr Dadan Ramdan, Selasa (23/2/2021).

Prof Arif Satria dalam sambutannya mengungkapkan rasa senangnya dapat bekerja sama dengan dua perguruan tinggi tersebut dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor IPB University mengapresiasi kerjasama ini. “Yang kita butuhkan adalah saling belajar. Melalui kerjasama ini, kita bisa bangun sinergi dan kolaborasi yang sangat kuat antara kita. Setiap universitas memiliki  kelebihan dan kekurangan, “ungkapnya.

“Universitas Teuku Umar yang berlokasi di Meulaboh, Aceh Barat dan Universitas Medan Area yang berlokasi di Sumatera Utara ini punya kekuatan berbeda. Menurutnya kekuatan tersebut bisa saling dipertukarkan melalui kerjasama ini. Saling melengkapi diantara kampus masing masing,” kata Prof Arif, dalam rilis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Selasa (23/2/2021).

Baca juga  Pesan Rektor IPB kepada 801 Wisudawan: Teruslah Menjadi Agile Learner

Lebih lanjut Rektor IPB University menyampaikan bahwa kerjasama ini harus segera ditindakanjuti dengan langkah konkrit berupa kegiatan yang produktif untuk pengembangan pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat.

Menurutnya IPB University selalu menggandeng universitas setempat dalam melakukan kegiatan tridarma. Ketika IPB University mengembangkan varietas padi IPB 3S di Banda Aceh maka IPB University menggandeng Universitas Syiah Kuala. Demikian pula ketika IPB University membangun Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Sumatera Selatan maka IPB University bekerja sama dengan Universitas Sriwijaya.

Prof Jasman, Rektor Universitas Teuku Umar menyampaikan bahwa pihaknya harus banyak belajar kepada IPB University. “Kami memiliki core yang sangat erat dengan yang dimiliki IPB University sehingga kami harus banyak belajar dengan IPB University,” ujarnya.

Baca juga  Tips Hemat Listrik Saat  Kuliah Online

Menurutnya kualitas IPB University tidak diragukan lagi. IPB University merupakan perguruan tinggi yang meraih predikat kelas dunia. Melalui ikatan kerjasama ini ia berharap dapat langsung belajar dengan IPB University.

“Meski banyak dosen Universitas Teuku Umar yang dulunya adalah alumni IPB University, melalui kerjasama ini, ke depan saya harap hubungan kita akan lebih erat lagi. Terutama dalam pengembangan core agro and marine industri. Saya rasa ini pilihan yang sangat tepat agar bangsa kita semakin maju,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Medan Area, Prof Dadan menyampaikan rasa syukur dan bangga bisa bergabung dalam kerjasama ini. Saat ini Universitas Medan Area memiliki 310 dosen dan 40 dosen di antaranya adalah dosen muda.

Baca juga  Ranking IPB University Naik 100 Tingkat Dunia

“Saya harap mereka akan mendapat bimbingan dari IPB University. Tidak hanya itu, kami ingin terlibat dalam pengembangan penelitian yang dilakukan IPB University di Sumatera Utara. Kami ingin berkontribusi. Saat ini Universitas Medan Area tengah mengembangkan kultur jaringan, semoga IPB University dapat membantu memperkuat. Tahun ini Universitas Medan Area juga membuka program Diploma III Pertanian, sehingga perlu pembinaan juga dari IPB University. Universitas Medan Area juga memiliki banyak staf dosen yang berasal dari alumni IPB University. Terimakasih atas kesediaan IPB University untuk melaksanakan kerja sama ini,” ujarnya. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top