Bupati Bogor Ade Yasin saat ikut melakukan penyemprotan disinfektan di SMP 2 Cibinong, Kamis (19/3/2020).

Bupati Bogor Dinyatakan Negatif Corona

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Bupati Bogor Ade Yasin dinyatakan negatif corona atau Covid-19.

Informasi Ade Yasin menjalani tes corona diketahui dari keterangan Gubernur Jabar Ridwan Kamil Jumat (20/3/2020). Dalam keterangannya Ridwan Kamil mengatakan sejumlah kepala daerah di Jabar melakukan tes COVID-19. Mereka adalah Wali Kota Bekasi, Wali Kota Depok, Wali Kota Bandung dan Bupati Bogor.

“Hasil tes sudah keluar, yakni Ade Yasin dinyatakan negatif corona,” kata Saepudin Muchtar, salah seorang staf Bupati Bogor Ade Yasin kepada BOGOR-KITA.com, Senin (23/3/2020) pagi.

Menurut Ridwan kamil, test kit yang digunakan Labkesda Jabar adalah tes kit yang teknologinya datang dari Korea Selatan. Tesnya menggunakan pola swab yaitu di hidung dan tenggorokan.  Tes kit yang sama digunakan untuk Arya Bima yang hasilnya menyatakan Bima Arya positif corona.

Cara kerja tes swab adalah ODP atau PDP diambil sampel swab air liur dari tenggorokan dan cairan dari hidung. Kemudian sampel tersebut ditelaah Labkesda Jabar serta para periset dari UNPAD dan ITB.

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto menjelaskan alur pemeriksaan virus corona dimulai dari wawancara dan observasi dokter.

Dikatakan, cek darah berdasarkan pemeriksaan laboratorium bertujuan untuk mengetahui fungsi organ, mendeteksi racun, kondisi kesehatan secara keseluruhan. Namun, cek darah tidak dapat mengetahui keberadaan virus corona pada tubuh.

Sementara rontgen atau foto thorax bertujuan melihat citra paru-paru dan saluran pernapasan. Melalui rontgen dapat diketahui infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan dan paru-paru. Tapi sama seperti tes darah, rontgen juga tidak dapat mendeteksi keberadaan virus corona pada tubuh.

“Keberadaan virus corona hanya dapat dibuktikan dengan tes swab,” kata Agus Dwi Susanto, dikutip dari salah satu media online.[] Hari



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *