Kab. Bogor

Unik! Mahasiswa PKM PM IPB University Gandeng Panti Lansia Sebagai Mitra

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern, seringkali kita lupa bahwa ada kelompok masyarakat yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang, yaitu para lansia.

Menyadari hal ini, sekelompok mahasiswa dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat IPB University tergerak untuk membawa semangat baru bagi para lansia di RPUK Muara Kasih. Mengusung tema KiNi Hebat “Menumbuhkan Psycological Well-being Melalui Art Therapy dalam Peningkatan Kualitas Hidup Lansia di RPUK Muara Kasih”,  KiNi memiliki arti “Aki dan Nini” yang artinya Kakek dan Nenek dalam Bahasa Sunda. Tim KiNi Hebat PKM PM IPB University menghadirkan kegiatan kreatif dan edukatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis para lansia.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Muhammad Marhan Irakas beserta keempat anggota timnya yaitu Manik Nurul Alfiyyah,  Dimas Arya Pratama, Vellicia Angeline Purwanto, dan Raihan Galang Pratama serta didampingi Dosen Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat yang memang ahli di bidang Psikologi yaitu Dr. Ratri Virianita, S.Sos, M.Si.

Baca juga  Wakil Ketua DPRD Sebut Pemkab Bogor Tak Matang Siapkan Pencairan ADD

Art therapy yang dikolaborasikan dengan 6 dimensi Pyscological Wellbeing ini menjadi metode utama yang digunakan Tim KiNi Hebat PKM PM IPB University dalam menjangkau para lansia. Melalui kegiatan melukis dan berbagai aktivitas seni lainnya, para lansia diajak untuk mengekspresikan diri, melepaskan stres, dan membangun rasa bahagia.

“Art therapy terbukti efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis individu, termasuk para lansia,” jelas Rakas “Melalui kegiatan seni, para aki dan nini semoga dapat mengekspresikan emosi mereka dengan bebas, meningkatkan kreativitas, dan membangun rasa percaya diri.” Kegiatan art therapy ini disambut antusias oleh para lansia. Mereka terlihat senang dan antusias saat melukis, menggambar, dan mengikuti berbagai aktivitas seni lainnya. Wajah mereka yang penuh senyum dan tawa menjadi bukti bahwa kegiatan ini telah membawa kebahagiaan bagi mereka.

Lebih dari Sekedar Kegiatan Seni

Baca juga  FKG Universitas Yarsi Gelar Pelatihan UKS Dan UKGS Bagi Para Guru SD/MI Ciseeng

Tim KiNi Hebat PKM PM IPB University tidak hanya fokus pada kegiatan seni, tetapi juga memberikan keterampilan dalam membuat kerajinan pot dan menanam tanaman hias. Tim KiNi Hebat IPB mengajarkan cara membuat pot, menanam, merawat dan membuat ecoprint disaputangan. “Kami ingin para aki dan nini tidak hanya mendapatkan kesenangan dari kegiatan seni, tetapi juga mendapatkan keterampilan yang mudah dilakukan dan bermanfaat ujar” Manik dan Dimas. Selain art therapy, Tim KiNi Hebat PKM PM IPB University juga menghadirkan board game nostalgia yang membawa para lansia kembali ke masa muda mereka. dan menjadi pilihan yang tepat untuk memicu kenangan indah dan tawa bersama. “Board game nostalgia tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan sosial para lansia,” ujar Velli dan Tama.  “Permainan ini dapat membantu para lansia untuk melatih fokus, konsentrasi, dan kemampuan bersosialisasi.”

Baca juga  Covid-19 Kabupaten Bogor 29 Juni 2021 Meledak, Positif 205, Kasus Aktif Naik jadi 1.024

Dampak Positif dan Harapan Baru

Kegiatan PKM PM IPB ini telah memberikan dampak positif bagi para lansia di RPUK Muara Kasih. Para lansia terlihat lebih ceria, lebih aktif, dan lebih percaya diri. Mereka juga lebih terbuka untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan sosial dengan orang lain. “Kami sangat senang dengan hasil yang kami capai,” kata Rakas “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi para lansia dan dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk peduli terhadap psikologis lansia.” Tim KiNi Hebat PKM PM IPB University ini menjadi contoh nyata bagaimana mahasiswa dapat berkontribusi positif bagi masyarakat. Melalui kegiatan kreatif dan edukatif, mereka berhasil membawa semangat baru dan kebahagiaan bagi para lansia di RPUK Muara Kasih. Kisah inspiratif ini menunjukkan bahwa dengan kepedulian dan kreativitas, kita dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top