Tira Persikabo

Tira Persikabo: Gapai Mimpi Juara

Rahmad Darmawan

BOGOR-KITA.com – Ada pepatah dalam persaingan sepak bola Eropa yang penuh dengan kualitas tinggi: punya pertahanan terbaik membawa tim Anda menjadi juara, memiliki serangan terbaik hanya membuat tim Anda memenangkan sebuah pertandingan.

Apakah ini bisa berlaku untuk sebuah kompetisi Liga 1 Indonesia yang merupakan kompetisi tertinggi di negeri ini?

Terlepas dari dunia perwasitan dalam sepak bola Indonesia yang masih terdirtorsi dengan banyaknya kasus suap, tentu pepatah itu tetap bisa berlaku bagi klub-klub yang bersaing di Liga 1 2019 ini.

Salah satu klub yang punya mimpi jadi juara adalah PS Tira Persikabo yang bermarkas di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Dari segi fasilitas, klub yang tadinya berasal dari PS TNI, sudah tidak dipusingkan lagi dengan masalah tempat pertandingan home.

Stadion nan megah berkelas internasional, Pakansari telah jadi markas terbaru, berkat merger klub ini dengan klub Divisi III Persikabo Bogor. Baju mereka kini bernama PS Tira Persikabo (TRKabo).

Di bawah pelatih Rahmad Darmawan (RD) yang termasuk jajaran coach papan atas di negeri ini, tentu TRKabo cukup menjanjikan. Paling tidak, RD telah memperlihatkan kekuatan asuhannya dengan masuknya mereka ke babak 8 Besar Piala Presiden 2019.

Yang menggembirakan, pada ajang tersebut, TRKabo sukses mempermalukan tuan rumah Persib Bandung 2-1 di Stadion Si Jalak Harupat. Artinya, Bandung atau Persib sebagai poros kekuatan sepak bola Jabar, sudah bisa ditaklukkan oleh kekuatan Kabupaten Bogor.

Kemudian, skuat RD menekuk tim tangguh Perseru Serui 3-2 yang kemudian TRKabo tersingkir pada 8 besar karena kalah atas tuan rumah Persebaya Surabaya 3-1 di Stadion Budi Utomo, Surabaya.

Dari hasil tersebut, RD pun lalu meracik skuatnya untuk lebih efektif lagi dalam menyerang dan mencoba membenahi pertahanan yang menjadi titik lemah timnya.

TRKabo memiliki Khurshed Beknazarov asal Tajikistan serta dua pemain timnas Abduh Lestaluhu dan Rifad Marasabessy yang bisa menjadi palang pintu pertahanan. Namun tiga pemain ini tidak bisa berbuat banyak jika tak dibantu oleh lini tengah tangguh yang menjadi penyeimbang tim.

RD sampai kini belum memiliki gelandang bertahan yang bisa diandalkan untuk bisa leluasa bergerak turun dan naik.

Pada lini depan, TRKabo memiliki tiga pemain yang bisa menjadi andalan. Pertama Osas ‘Saha’ Marvelous Ikpefua asal Nigeria yang sudah menjadi warga negara Indonesia dan mencetak tiga gol saat Piala Presiden 2019.

Lantas, masih ada dua pemain asing, Loris Arnaud (Prancis) dan Ciro Henrique Alves Ferreira e Silva (Brasil) yang bisa menjadi tumpuan untuk produktifitas gol.

Dengan kekuatan sekarang ini, TRKabo bisa menjadi kuda hitam yang dapat masuk ke persaingan papan atas Liga 1 2019 ini. Lantas, jika mereka bisa membentuk sebuah pertahanan yang baik dan keseimbangan irama permainan, bukan tidak mungkin tim dari Kabupaten Bogor ini menjadi jawara.

Meskipun, itu tentu perlu kerja keras dari semua lini, termasuk unsur manajemen yang harus mendekati Kabomania untuk memberikan dukungan penuh selama kompetisi ini berlangsung.

Susunan Tim Tira Persikabo:

Pelatih: Rahmad Darmawan

Asisten Pelatih: Miftahudin Mukson, Francis Wawengkang

Pelatih Kiper: Benny van Breukelen

Pelatih Fisik: Gasely Jun Panam

Komposisi Pemain:

Kiper: Angga Saputro, Syahrul Fadil, Teguh Amiruddin

Belakang: Kasim Slamat, Abduh Lestaluhu, Mahdi Fahri Albaar, Andy Setyo Nugroho, Rifad Marasabessy, Izmy Hatuwe, Derry Herlangga, Zoubairou Garba Mountala, Vava Mario Yagalo, Khurshed Beknazarov (Tajikistan), Herwin Tri Saputra, Roni Sugeng Aryanto, Didik Wahyu Wijayanto

Tengah: Louise Essengue Eloumu Parfait, Ahmad Nufiandani, Rezky Ikhwan, Muhammad Guntur Triaji, Manahati Lestusen, Tanjung Sugiarto, Munadi, Wawan Febrianto, Ryan Kurnia

Depan: Loris Arnaud (Prancis), Osas ‘Saha’ Marvelous Ikpefua, Ciro Henrique Alves Ferreira e Silva (Brasil), Sansan Husaeni, Dimas Drajad

Markas: Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *