Kota Bogor

Tingkatkan Pelayanan Air di Kota Bogor, Perumda Tirta Pakuan Lakukan 5 Program

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Perusahaan Umum Daerah Tirta Pakuan Kota Bogor membuat sejumlah program di tahun 2021 ini.

Program tersebut salah satunya ada yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf mengatakan ada lima program kegiatan di tahun 2021 di antaranya adalah bantuan dari APBN untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Palasari.

“Jadi bantuan dari APBN pembangunan Palasari itu untuk menambah kapasitas 50 liter per detik sehingga bisa meningkatkan pelayanan menambah di zona 5 sebanyak sekitar 3.500 pelanggan,” ucap Ardani, Senin (13/9/2021).

Ardani menjelaskan, selama ini pelayanan di zona lima dibantu melalui zona dua, sehingga dengan adanya penambahan kapasitas ini diharapkan bisa mengurangi beban di zona dua. Nantinya zona dua akan difokuskan untuk pelayanan di wilayah Cipaku.

Baca juga  Setelah Diperbaiki, Air PDAM Tirta Pakuan Kembali Mengalir

“Program lainnya adalah pembangunan unit produksi di Cipinang Gading yang merupakan bantuan dari APBN untuk pembangunan intake dan prasedimentasi untuk kapasitas WTP 100 liter per detik,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Ardani saat ini Perumda Tirta Pakuan juga sedang membangun Reservoir Jabaru yang seharusnya sudah direalisasi tahun sebelumnya, namun baru bisa terlaksana di tahun ini.

Dengan demikiam, kata Ardani dengan adanya Reservoir Jabaru permasalahan distribusi air di sebagian wilayah Bogor Barat bisa ditangani.

“Ya artinya wilayah Kelurahan Balumbang Jaya dan Margajaya Sindangbarang, Bubulak dan sekitarnya saat ini kita membangun 1×1.500 salah satunya untuk memenuhi sebagian wilayah tersebut dipagi dan sore hari,” ujarnya.

Baca juga  Tingkatkan Sumber Mata Air, Tirta Pakuan Bakal Bangun 100 Sumur Resapan

Ardani menerangkan, untuk jaringan di wilayah Bogor Barat yaitu pemasangan Jaringan Distribusi Utama (JDU) yang seharusnya hingga ke Darul Quran saat ini baru sampai wilayah Gunung Batu, karena adanya keterbatasan anggaran.

“Ke depan, selama dana investasi ada maka akan dipenuhi kekurangannya dengan pipa 300 atau 600 sehingga program itu bisa tercapai hingga tahun 2039,” terangnya.

Untuk program pengembangan jaringan tambah Ardani pihaknya sedang memperluas jaringan air minum 100 persen dengan pengembangan di wilayah Bogor Timur dan Bogor Utara.

“Itu merupakan bentuk pelayanan kami dalam memenuhi akses air minum 100 persen di tahun 2024,” pungkasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top