Erik Maulana dengan ikan cupang hias hasil budidaya.

Terkena PHK, Budidaya Ikan Cupang, Pendapatan Lebih Besar

BOGOR-KITA.com, BOGOR –  Terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK akibat covid-19, tak membuat Erik Maulana mati kutu. Erik cepat beralih membudidaya ikan cupang. Hasilnya, pendapatannya kini lebih tinggi dibanding gaji yang diterima saat masih bekerja.

“Saya budidaya ikan cupang awalnya sih akibat terkena PHK dari perusahaan swasta di Bogor. Jadi saya mencoba usaha budidaya ikan cupang awal Mei atau akhir April, saya beli cupang dan fokus untuk membudidayakannya,” ucap Erik saat ditemui di kediamannya di Jalan Muara Tegal, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Selasa (29/9/2020).

Erik mengaku tertarik budidaya ikan cupang hias karena ikan cupang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Pengetahuan Erik terhadap ikan cupang kian komplit.

“Awalnya saya hanya tahu ikan cupang adu saja, tapi sekarang ikan cupang memiliki berbagai warna dan pangsa pasarnya juga lumayan menjanjikan,” katanya.

Dalam budidaya ikan cupang hias ini, lanjut Erik, dirinya menyukai ikan yang memiliki banyak warna seperti jenis galaxy, multi colour, fancy.

Baca juga  Jalan Sehat Meriahkan HUT Korpri Ke 46 Tingkat Kota Bogor

“Sekarang saya mulai coba breeding jenis avatar dan FPCP,” ujarnya.

Ia mengaku dari hasil budidaya ikan cupang ini, dirinya memiliki omzet yang menjanjikan, melebihi pendapatan waktu menjadi karyawan. Untuk itu dirinya ingin lebih fokus bisnis di budidaya ikan cupang hias.

“Bisnis ikan cupang ini cukup menjanjikan. Saya jual ikan cupang yang sudah setengah jadi seharga Rp25 ribu per ekor, kalau yang sudah jadi, mulai dari harga Rp100 ribu sampai Rp150 ribu,” jelasnya.

Erik menambahkan dirinya memasarkan ikan cupang hias miliknya dengan cara online dan offline.

“Jika ingin mengetahui ikan cupang saya bisa dilihat di instragaram @bettajoer,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Sindangrasa H. Muhammad Idrus berharap pemerintah dapat memfasilitasi dan memudahkan masyarakat yang memiliki potensi khusunya dalam pengembang biakan ikan cupang hias.

“Saya berharap pemerintah dapat memfasilitasi peternak ikan cupang hias ini melalui pelatihan dengan  bantuan modal sarana dan prasarana,” harapnya. [] Ricky



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *