Kota Bogor

Ratusan Ikan Cupang Dari Berbagai Daerah dan Luar Negeri Ikuti Kontes di Boxies Mal  

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Untuk menggairahkan kembali pecinta ikan cupang, Forum Cupang Bogor (FCB) menggelar kontes ikan cupang ‘Bogor Never Dry, Betta Battle In Eastern Bogor’ tahun 2023.

Kontes Ikan Cupang tersebut digelar selama dua hari pada Sabtu (28/1/2023) hingga Minggu (29/1/2023) di Boxies Mal 123, Jalan Raya Tajur, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur.

Kontes ikan cupang ini juga diikuti dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada juga dari luar negeri.

Penggagas kontes ikan cupang ‘Bogor Never Dry, Betta Battle In Eastern Bogor’ tahun 2023, Ardi Siswanto mengatakan, tujuan kontes ini untuk meramaikan kembali dunia ikan cupang di Kota Bogor.

“Saya ingin dengan kontes ini bisa meramaikan kembali percupangan di Kota Bogor, karena saat ini harga ikan cupang justru semakin melejit khususnya di Bogor,” ucap Ardi, Sabtu (28/1/2023).

Baca juga  Melihat Potensi Budidaya Ikan Cupang Hias di Kampung Kukupu

Kontes pertama kali di tahun 2023 ini, kata Ardi diikuti 765 ikan cupang yang dibagi menjadi 80 kategori.

“Kontes ini juga banyak peserta yang berasal dari luas Kota Bogor, seperti dari Palembang, Pontianak, Makasar, Jakarta, Surabaya dan kota lainnya. Selain itu ada juga dari luar negeri dari Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura,” ungkapnya.

Dengan adanya kontes ini, harga ikan cupang peserta otomatis menjadi terdongkrak. Terlebih bagi juara 1 dalam kontes. Harga ikan cupang saat ini masih tinggi, jenis multi colour saja bahannya bisa mencapai 500 ribu dan jadinya bisa Rp 3 jutaan.

“Dulu saat pandemi Covid-19 ramainya pehobi, kalau sekarang ramainya kontes. Dalam kontes dibagi kelas-kelas nya, ada bentuk dan warna. Setiap bentuk juga ada kelasnya lagi,” terangnya.

Baca juga  Ngeluh Sepi, Pedagang Pasar Tanah Baru Curhat ke Vina Yuliani

Sementara, Ketua Pelaksana kontes ikan cupang ‘Bogor Never Dry, Betta Battle In Eastern Bogor’ tahun 2023, Awaldi Farhan menuturkan, kategori kelas seluruhnya telah mewakili bentuk dan warna cupang yang terbagi dalam ukuran reguler maupun junior.

Sekarang ini, kata Awaldi, tahap yang tengah berlangsung penjurian untuk tiap kelas, dan dilanjutkan placing untuk juara 1, 2, dan 3 tiap kelas.

‘Sedangkan penentuan best of division sore ini. Bagi mereka yang juara akan mendapatkan tropi juga uang tunai,” tutur Awaldi

Ditempat yang sama, salah satu juri, Ahmad Rifai menjelaskan, untuk kriteria penilaian dalam kontes cupang secara umum dari semua kategori kelas meliputi warna, ukuran, kerapian dan juga mental. Dalam kontes ini, tim juri yang dilibatkan berjumlah lima orang. Mereka didatangkan dari Lampung, Tangerang, Bandung, Jakarta, dan Bogor.

Baca juga  Targetkan Masuk 3 Besar di Pileg 2024, PKB Kota Bogor Mulai Lakukan Penjaringan Bacaleg

Ia menerangkan, kontes ini selain untuk lebih memperkenalkan cupang yang dimiliki peserta, juga bisa mendongkrak nilai komersial tinggi dari cupang itu sendiri.

“Kontes ini menjadi sarana promosi agar kita bisa lebih dikenal luas lagi. Apalagi bisa berprestasi itu akan menaikkan harga ikan itu sendiri,” terangnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top