Kwarcab Kota Bogor disambangi oleh Kwarcab Kota Banjarmasin pada Jumat (23/11/2018). Bertempat di Aula SMK Negeri 3 Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Kota Bogor

Tergiat Se-Jawa Barat, Pramuka Kwarcab Kota Bogor Disambangi Kwarcab Banjarmasin

BOGOR-KITA.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor dinobatkan sebagai Gerakan Pramuka tergiat kedua se-Jawa Barat. Atas prestasi itu, Pramuka Kota Bogor pun kian banyak dikunjungi daerah lain untuk berbagi pengalaman.

Terbaru, Kwarcab Kota Bogor disambangi oleh Kwarcab Kota Banjarmasin pada Jumat (23/11/2018). Bertempat di Aula SMK Negeri 3 Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, kedatangan sedikitnya 40 anggota Kwarcab Kota Banjarmasin disambut hangat.

Kunjungan dalam rangka silaturahmi dan berbagi pengalaman ini dipimpin langsung Ketua Kwarcab Kota Banjarmasin M Irwan Anshari. “Kami bukan sekadar ingin silaturahmi tapi juga untuk saling bersinergitas, dan belajar dari Kwarcab Kota Bogor,” ujarnya.

Irwan mengatakan, pihaknya memilih berkunjung dan belajar ke Kwarcab Kota Bogor karena Kwarcab Kota Bogor merupakan Kwarcab pramuka tergiat ke-2 di Jawa Barat. Dengan predikat tersebut, pihaknya ingin dapat belajar banyak tentang program dan kegiatan yang ada di Kwarcab Kota Bogor yang membuat Kwarcab Kota Bogor menjadi yang tergiat.

“Kami ingin tahu apa saja kegiatan yang ada di Kwarcab Kota Bogor yang belum ada di kegiatan Kwarcab Kota Banjarmasin untuk nanti bisa diadopsi disana. Apalagi motto Pramuka sekarang adalah pramuka yang gaul dan kekinian,” jelasnya.Ia menuturkan, saat ini Kwarcab Kota Banjarmasin sedang berupaya terus menjadi yang tergiat se-Kalimantan Selatan. Berbagai kegiatan juga sudah dilakukan, seperti gelar senja yang rutin digelar setiap bulan di Pelataran Balaikota dan dipimpin langsung Muspida Kota Banjarmasin. Tak hanya itu, ada pula program pramuka peduli yang membantu lalu lintas, kegiatan keagamaan dan bencana.

“Program kerja kedepan kami ingin memperkuat pramuka peduli untuk lebih profesional untuk penanggulangan bencana terutama bencana kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi di Banjarmasin,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, saat ini jumlah anggota pramuka Kota Bogor ada sebanyak 98 ribu lebih atau sekitar 10 persen dari jumlah penduduk Kota Bogor. Jumlah ini sesuai dengan banyaknya kegiatan di pramuka Kota Bogor yang terbagi dalam tujuh bidang.

Kegiatan yang dimaksud Ade Sarip antara lain bidang Pembinaan Anggota Muda, bidang Organisasi dan Hukum, bidang Pembinaan Anggota Dewasa, bidang Komunikasi dan Informasi, bidang Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup, bidang Usaha dan Kemitraan dan bidang Sarana dan Prasarana.

“Pramuka di Kota Bogor juga tidak terpaku dengan tujuh bidang itu. Jika ada kegiatan di transportasi seperti membantu kelancaran lalu lintas, sosialisasi kesehatan dan kegiatan lainnya ikut turut serta berpartisipasi,” pungkasnya. []Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *