Tambang Liar Tak Kunjung Selesai, Wagub Jabar Temui Lagi Bupati Bogor Nurhayanti

Wagub Jabar Dedy Mizar temui lagi Bupati Bogor soal tambang liar yang tak knjung selesai

BOGOR-KITA.com –  Masalah tambang liar di Kecamatan Rumpin, Cigudeg, Gunung Sindur serta Parung Panjang d tak kunjung selesai.  Akiabtnya, Kamis (22/10/2015) Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Dedy Mizwar kembali mendatangi Bupati Bogor Nurhayanti.

Masalah tambang liar di Kabupaten Bogor sudah menjadi perhatian masyarakat luas sejak lama. Hal itu yang kemudian mendorong Wakil Gubernur Jabar Dedy Mizwar melakukan sidak tahun lalu, tepatnya September 2014. Tidak tanggung-tanggung, pada bulan September itu, dua kali Wagub Jabar melakukan sidak. Sidak pertama 9 September 2014, kedua 18 September 2014,

Dedy Mizwar ketika itu menuding ada oknum pemerintah yang mendalangi galian liar di Kecamatan Runmpil, Kabupaten Bogor. “Ini pasti ada dalang dari oknum pemerintah, sehingga galian ilegal marak terjadi di Kabupaten Bogor,” kata Deddy Mizwar akrab disapa Demiz ketika itu. (Baca: http://www.bogor-kita.com/beritakabupatenbogor/56-wagub-jabar-pasti-ada-oknum-pemkab-di-galian-liar-rumpin).

Kedatangan Wagub pada Kamis (22/10/2015) adalah yang ketiga, khusus terkait tambang liar yang ka kunjung ada solusinya itu. Kali ini Wagub sekaligus membawa solusi. Ada empat alternatif solusi yang ditawarkan Wagub Deddy Mizwar. Pertama, pemberlakuan jam buk tutup portal, peningkatan jalan yang dulunya jalan provinsi menjadi jalan nasional, mengunakan jalur kereta dan pembuatan jalur khusus tambang. Itu solusi untuk masyarakat sekitar tambang yang selama ini dirugikan oleh hulir mudir truk pengangkut hasil tambang liar.

Sementara untuk masalah perizinan tambang, Wagub mengemukakan, persolana itu kini menjadi ranah Provinsi Jabar.

Dalam kesempatan itu Bupati Bogor Nurhayanti mengajukan solusi jalan khusus tambang di wilayah Kabupaten Bogor. "Permasalahan tambang di wilayah Kabupaten Bogor harus dituntaskan dari hulu dan hilir, dengan dibuatkan jalan khusus untuk truk tambang agar tidak mengganggu masyarakat dan kualitas jalan dapat berumur lama," katanya.

Ia pun akan meminta kepada para pemilik tambang untuk melengkapi masalah perijinan yang kerap menjadi sorotan. Bupati juga meminta pemilik tambang yang akan memperpanjang ijin usaha utuk melakukan pembenahan lahan yang digali. Pada kesempatan tersebut para pemilik tambang dan masyarakat berdikusi dengan Wagub dan Bupati Bogor [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *