Sekda: Diklatpim Sebagai Media Peningkatan Kompetensi ASN

BOGOR-KITA.com – Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV angkatan VI di lingkungan Pemerintah Kota Bogor yang dipusatkan di Pusdiklat Pelni Bahtera, Jalan Raya Puncak, Cipayung, Kabupaten Bogor, Kamis (2/8/2018).

Ade mengatakan, sumber daya manusia memiliki peran yang sangat strategis dalam sebuah organisasi, termasuk pemerintahan. Kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) akan sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan.

“Keberhasilan kinerja SDM ditentukan oleh tingkat kompetensi, profesionalisme dan juga komitmen. Berkaitan hal tersebut pelaksanaan Diklatpim Tingkat IV menjadi penting, karena merupakan salah satu media untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap, agar dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional,” ungkap Ade.

Ade berharap, Diklatpim ini dapat membentuk pemimpin yang mempunyai kompetensi dan menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kompetensi yang dimaksud yakni mampu membangun karakter yang memiliki integritas, membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan, melakukan kolaborasi internal maupun eksternal. Para ASN juga harus mampu melakukan inovasi sesuai bidang tugasnya sehingga lebih efektif dan efisien,” jelasnya.

Jika itu dimiliki, lanjut dia, maka akan memantapkan sikap dan semangat pengabdian ASN yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas, demi terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Meningkatnya profesionalisme para penyedia layanan publik akan semakin peningkatan kualitas pelayanan. Semakin baiknya kualitas terhadap layanan publik maka menandakan berjalannya proses reformasi birokrasi dan good governance,” pungkasnya. [] Admin

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *