Kab. Bogor

Puskesmas Puraseda Optimalkan Penyusunan Laporan Keuangan dengan Inovasi INDA SAJAH

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Pelaksanaan inovasi dalam lingkungan kerja perlu dioptimalkan guna meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan hasil kerja yang diinginkan. Puskesmas Puraseda memiliki moto kerja yakni “CERIA”, dimana huruf “I” dalam moto tersebut memiliki arti yakni “inovasi” yang menunjukan Puskesmas Puraseda senantiasa mendukung kegiatan inovasi yang ada di lingkungan kerja guna dapat membentuk manajemen tata kelola pemerintahan yang baik dan memberikan pelayanan yang memuaskan untuk masyarakat.

Puskesmas Puraseda sebagai salah satu unit milik pemerintah di ruang lingkup kesehatan tentunya memiliki manajemen sendiri termasuk mengurus tata kelola keuangan dalam melaksanakan program kesehatan dimulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan keuangan. Seperti halnya dengan Puskesmas yang lain staf yang bekerja di Puskesmas Puraseda didominasi oleh tenaga kesehatan yang selain memberikan pelayanan kesehatan kepara masyarakat juga memiliki tanggung jawab dalam mengatur manajemen Puskesmas seperti halnya penanggung jawab keuangan atau bendahara. Untuk memiliki manajemen tata kelola yang baik sembari memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat perlu adanya inovasi yang memudahkan sehingga kedua kegiatan tersebut dapat berjalan dengan optimal dan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

Baca juga  Cara Unik Puskesmas Puraseda Kampayaken Kesehatan Dengan Bukan Photo Biasa

Menyikapi kondisi diatas, Pukesmas Puraseda menghadirkan inovasi INDA SAJAH (Input Data SPJ menjadi Mudah). Kepala Puskesmas Puraseda, Arief Sudrajat, SKM, MM menyampaikan “INDA SAJAH merupakan suatu inovasi tata kelola pemerintah dari Pukesmas Puraseda yang pertama kali digagaskan di bulan Januari tahun 2020 yang memiliki tujuan untuk memudahkan penanggung jawab keuangan di Puskesmas Puraseda dalam membuat surat pertanggung jawaban (SPJ) menjadi lebih sederhana dan mudah. Selain itu inovasi ini juga memiliki fungsi sebagai sinkronisasi dan backup data (database) yang menyimpan data SPJ lebih rapi sehingga mudah dicari dan tidak muda hilang”

Dengan adanya inovasi ini, pelaporan manajemen rutin yang dilakukan oleh Puskesmas Puraseda setiap bulannya dapat dilakukan dengan tepat waktu sekaligus memudahkan dalam pembuatan dan penyimpanan data keuangan tersebut. []

Baca juga  Cara Unik Puskesmas Puraseda Kampayaken Kesehatan Dengan Bukan Photo Biasa
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top