Kab. Bogor

Puskesmas Gobang Bantu Ibu Bersalin Melalui Inovasi SIAGA NGAJURU

BOGOR-KITA.com, RUMPIN – Struktur sebagian wilayah Puskesmas Gobang yang berada di daerah pegunungan dengan tingkat ekonomi dan pendidikan yang masih rendah menjadi salah satu alasan masih sulitnya masyarakat untuk menerima program kesehatan.

Mayoritas masyarakatnya masih awam atau belum mengerti tentang kesehatan, sehingga masih banyaknya ibu bersalin bukan di tenaga kesehatan atau lahir dibantu paraji (Dukun beranak). SIAGA NGAJURU adalah bentuk kesiapan tenaga kesehatan di Puskesmas Gobang untuk membantu persalinan ibu sehingga keamanan persalinan dapat dijamin.

Puskesmas Gobang meluncurkan inovasi SIAGA NGAJURU sebagai upaya mengoptimalkan penyampaian informasi untuk ibu hamil agar rutin melakukan pemeriksaan kehamilan dan bersalin di fasilitas kesehatan, serta pentingnya kedisiplinan protokol kesehatan selama pandemi.

Baca juga  Puskesmas Gobang Miliki Inovasi MAGIC untuk Perbaiki Pola Makan Anak

“Melalui inovasi Siaga Ngajuru, kami berharap ibu hamil dapat lebih rajin memeriksakan kehamilannya dan melakukan persalinan di tenaga kesehatan meskipun di tengah pandemi,” ujar koordinator bidan Puskesmas Gobang, Nining Kartini S. Tr. Keb.

SIAGA NGAJURU juga melibatkan berbagai tokoh penting dalam masyarakat seperti tokoh agama (Toga) dan tokoh masyarakat (toma) agar informasi tentang kesehatan terutama untuk ibu hamil lebih cepat dan diterima dengan baik. []

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top