Kab. Bogor

SAMPURASUN, Puskesmas Leuwiliang Pantau Kesehatan Lansia

BOGOR-KITA.com, LEUWILIANG – Pada masa pandemi Covid 19 saat ini, lanjut usia (lansia) merupakan salah satu kelompok rentan yang harus diantisipasi dan mendapat perhatian dari kita semua.

Permasalahan lanjut usia pada umumnya terjadi dengan menurunnya derajat kesehatan dan menurunnya fungsi-fungsi motorik pada dirinya. Mereka juga mengalami hambatan untuk melakukan komunikasi baik dengan keluarganya maupun dengan lingkungannya, sehingga menjadikan lansia sebagai pihak yang inferior padahal ruang lingkup kehidupannya masih menunjang.

Menyikapi kondisi tersebut, Puskesmas Leuwiliang meluncurkan inovasi “SAMPURASUN” (Setiap Kamis Pantau Kebugaran Kesehatan Lanjut Usia Online) pada April 2020 yang dapat  memudahkan akses pada lansia agar memperoleh pelayanan kesehatan yang optimal. Inovasi ini berupa kegiatan pelayanan yang ditujukan pada lansia dengan melakukan komunikasi secara rutin pada lanisa dengan menghubungi dengan Via ZOOM MEETING dan atau Video Call menyapa lansia dan memantau kebugaran kesehatan lansia tanpa harus datang ke puskesmas sehingga mengurangi resiko penularan covid-19.

Baca juga  Puskesmas Leuwiliang Beri Konsultasi Kesehatan Lingkungan Online Melalui Inovasi POS KAMLING

Kepala Puskesmas Leuwiliang, dr. Dian Nurdiani,  menyampaikan SAMPURASUN memiliki manfaat besar bagi masyarakat yaitu mengurangi risiko penularan Covid -19 dan penyakit menular lainya, memudahkan lansia untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan, mengurangi resiko jatuh pada lansia, hemat waktu, tenaga, dan meningkatkan motivasi pada lansia untuk tetap beraktivitas.” []

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top