Kab. Bogor

Puskesmas Leuwiliang Beri Konsultasi Kesehatan Lingkungan Online Melalui Inovasi POS KAMLING

BOGOR-KITA.com, LEUWILIANG – Selama ini konsultasi mengenai permasalahan lingkungan di puskesmas hanya dikenal dengan klinik sanitasi yang dalam pelaksanaannya hanya melalui rujukan dari poli ke klinik sanitasi dengan waktu yang terbatas. Kendala dari layanan klinik sanitasi ini adalah tidak dibukanya pelayanan setiap hari dikarenakan keterbatasan petugas yang melakukan pelayanan di dalam gedung.  Selain itu, di masa pandemi Covid-19, layanan online dinilai menjadi upaya yang tepat dilakukan untuk mengurangi konsultasi secara tatap muka sehingga mengurangi penularan Covid-19.

Maka dari itu untuk memudahkan akses dalam layanan konsultasi kesehatan lingkungan dalam rangka meningkatkan akses sanitasi layak masyarakat maka dibentuklah inovasi POS KAMLING di Puskesmas Leuwiliang. Kepala Puskesmas Leuwiliang, dr. Dian Nurdian, menjelaskan bahwa inovasi POS KAMLING merupakan bentuk layanan konsultasi kesling secara online yang dibuat untuk memudahkan klien atau pasien melakukan konseling mengenai permasalahan lingkungannya.

Baca juga  SAMPURASUN, Puskesmas Leuwiliang Pantau Kesehatan Lansia

Dian Nurdiani menambahkan, “Dengan inovasi ini diharapkan yang melakukan konseling tidak hanya pasien rujukan ke klinik sanitasi dengan keluhan sakit yang diduga berasal dari lingkungan, akan tetapi bisa menjangkau lebih luas”. Hal ini didasari fakta bahwa banyak masyarakat yang melakukan konsultasi justru tidak mengalami sakit, akan tetapi mempunyai permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan, seperti akan membuat sumur, septictank  dan sebagainya.

Terobosan tersebut diharapkan dapat meningkatkan cakupan pelayanan konseling mengenai kesehatan lingkungan dengan kemudahan akses dan waktu yang lebih fleksibel. []

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top