Puncak Macet 12 Km, Mulai dari Gadog Sampai Pasar Cisarua

Puncak macet parah

CISARUA – Musim libur Natalk dan Tahun Baru belum tiba. Tetapi jalur Puncak, Cisarua,  sudah mulai macet. Pada Senin (22/12) kemacetan bahkan menggila, karena mengular sampai 12 kilometer, mulai dari Simpang Gadog sampai Pasar Cisarua.

Kepadatan lalu lintas di jalur wisata ini diakibatkan banyaknya kendaraan pribadi maupun umum yang melintas mengarah ke sejumlah obyek wisata yang ada di kawasan kaki gunung Gede- Pangrango itu.

Tak hanya itu, kemacetan juga disebabkan adanya tebingan yang longsor di salah satu bukit yang berada di dekat Jembatan Gadog sehingga memaksa polisi mempersempit jalur itu.

Kemacetan diperparah oleh hadirnya ratusan angkutan kota (angkot) serta kendaraan pribadi yang tergabung dari Monster Fans Club (MFC) se-Jabotabek yang menggelar konvoi ke jalur Puncak, Cisarua dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) mereka di Lapangan PTPN Persero Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua.

 “Kita tak bisa bergerak sama sekali. Saya sudah tiga jam tak bergerak,” ujar Haryudi (35), salah seorang pengendara Katana kepada PAKAR, di Jalan Raya Cipayung, Senin (22/12) siang.

Dirinya juga menyesalkan tak adanya petugas kepolisian yang berjaga dan mengawal kepadatan lalu lintas di jalur tersebut. "Pada kemana ini Pak Polisi, kok jalan macet dibiarkan saja. Tolong dong ditindak tegas pengemudi yang seenaknya mengendarai di jalanan," celetuknya.

Pantauan PAKAR di Simpang Gadog, petugas polisi dari Polres Kabupaten Bogor yang sedang berjaga terlihat tak berkutik dan hanya bisa menonton kemacetan yang terjadi.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Bogor, AKBP Sonny Mulvianto Utomo mengaku pihaknya sudah coba mengendalikan kepadatan lalu lintas di lajur Puncak. Namun, karena banyaknya kendaraan, petugas polisi yang ditugaskan di daerah itu tak bisa berbuat banyak.

 "Kita sudah berusaha mengaturnya, tapi mereka (pengemudi-red) susah diatur," singkat Kapolres lewat telepon genggamnya.

Sedangkan, Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Bogor, Iptu Surahmat mengatakan kemacetan di jalur Puncak sudah terjadi sejak pukul 11.30 WIB, baik dari arah Jakarta menuju Puncak maupun dari arah sebaliknya.

Untuk mengurai kemacetan, pihaknya melakukan buka tutup jalur sekitar pukul 12.30 WIB. Namun, buka tutup jalur tersebut tak berlangsung lama karena tingkat kepadatan kendaraan cukup tinggi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Pekerjaan Umum (PU) dan Binamarga Pusat maupun Kabupaten. Rencananya mereka ingin memperbaiki tebingan yang longsor malam hari ini," ungkapnya. Hingga pukul 14.30 WIB, kemacetan masih terjadi dengan ditimpali hujan dengan intensitas sedang. =ALI



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *