Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Ganjar Gunawan

Produk IKM Kota Bogor Dipasarkan di BliBli, Shopee

BOGOR-KITA.com – Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Bogor, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menandatangani 24 kesepakatan strategis dengan beberapa pihak. Penandatanganan kesepakatan akan dilakukan saat launching logo 100% Bogor Pisan dan Batik Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bogor di Botani Square Bogor, Senin (17/06/2019) malam.

Dari kesepakatan yang akan ditandatangani tersebut, Pemkot Bogor bermitra dengan beberapa pihak untuk membantu menyediakan, mempromosikan dan menjual produk IKM Kota Bogor.  Diantaranya dengan 4 pusat perbelanjaan yang ada di Kota Bogor, seperti Botani Square Bogor, Toserba Yogya, Transmart, Bogor Trade Mall (BTM), 2 retail yakni Prima Freshmart dan Alfamart, 2 hotel yakni hotel 101 dan Hotel Permata serta Bogor Raincake.

Untuk pembayarannya, juga dijalin kemitraan dengan para perusahaan penyedia E-Commerce, yang terdiri dari GoJek, BliBli.com, Shopee, Moca dan Emoji. Melalui aplikasi yang tersedia, pelaksanaan pembayaran dapat dilakukan secara non tunai memanfaatkan fitur atau merchant yang ada.

Secara umum, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Ganjar Gunawan menerangkan, kegiatan launching logo 100% Bogor Pisan dan batik ASN Kota Bogor merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Permendag) Nomor 47 Tahun 2016 tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang mengamanatkan dan  mendorong pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan konsumsi produk lokal.

“Termasuk didalamnya produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Bogor, diantaranya melalui sosialisasi, promosi sampai himbauan dan sebagainya. Berdasarkan perhitungan yang dilaksanakan Kementerian Perdagangan di tingkat nasional penggunaan produk dalam negeri mencapai 89 persen,” kata Ganjar.

Dengan adanya logo tersebut, lanjut Ganjar, warga Kota Bogor maupun masyarakat secara luas akan mengetahui produk IKM asli Kota Bogor yang sudah go public dan berkualitas. Bagi para pelaku IKM Kota Bogor yang akan menggunakan logo ini diharuskan untuk mendaftar.

Berdasarkan data tahun 2018, secara umum IKM kota Bogor berjumlah 4.726 yang terbagi dua, kerajinan dibawah koordinasi Dekranasda Kota Bogor sedangkan kuliner di bawah koordinasi Badan Kuliner (Bakul) Kota Bogor. (Humpro)

Hari Kesadaran Nasional, Asisten Pemerintahan Ingatkan Tingkatkan Pelayanan

Upacara dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Nasional rutin dilaksanakan setiap tanggal 17. Di Kota Bogor apel dirangkai dengan penyerahan bantuan kepada 24 Aparatur Sipil Negara (ASN) purna tugas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang digelar di Plaza Balai Kota Bogor, Senin (17/06/2019) pagi.

Bertindak selaku pembina apel Asisten Pemerintahan Setda Kota Bogor, Hanafi. Dalam amanatnya Hanafi mengungkapkan, apel kesadaran nasional ini tidak hanya kegiatan seremoni yang rutin dilakukan, tetapi harus diikuti dengan melaksanakan kewajiban sebagai karyawan dan karyawati, yakni dengan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Disadari atau tidak kata dia, bahwa setiap saat mengalami perubahan-perubahan drastis  sesuai dengan kebutuhan warga masyarakat. Sehingga mau tidak mau semua harus memperbaiki kinerja terhadap pelayanan masyarakat. Beberapa perubahan tersebut diantaranya terkait kesejahteraan yang diterima dengan segala konsekuensinya.

“Marilah kita sama-sama berkomitmen bekerja di pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas pekerjaan kita,” kata Hanafi.

Pada kesempatan itu Hanafi menyerahkan bantuan purna tugas kepada 24 pensiunan ASN di lingkungan Pemkot Bogor. Dirinya mengatakan lambat laun semua ASN juga akan mengikuti jejak mereka.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Bogor dan keluarga besar KORPRI Kota Bogor  mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdiannya,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan besarannya bervariasi, mulai dari Rp 2,5-4 juta. [] Admin/Humas Pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *