Kota Bogor

Pemkot Bogor Bangun 16 TPS 3R Waste 2 Energy Sepanjang 2015

Pemkot Bogor Bangun TPS

BOGOR-KITA.com – Ada amanat penting yang tertuang dalam SPM PU dan Tata Ruang Nomor 14 Tahun 2010. Amanat itu adalah target reduksi sampah dan pengadaan sarana pengurangan sampah di sumbernya sebesar 20 persen sampai tahun 2019. Untuk itu, menurut Dian Herdiawan, Kepala Bidang PPS DKP, pada tahun 2011 Pemkot Bogor mulai membangun tempat pengelolaan sampah / TPS 3 R.

“Pada tahun 2011, dengan sumber dana APBD Kota Bogor telah dibangun 6 TPS 3 R yaitu Kertamaya, Mulyaharja, Ciparigi, Rusunawa Menteng, Griya Katulampa dan Mutiara Bogor Raya Katulampa. Pada tahun 2012, dibangun 3 TPS R dengan sumber dana APBD Kota Bogor sebanyak 2 TPS 3 R yaitu Sukadamai dan Cibadak serta 1 TPS 3R dengan sumberdana APBN yaitu Kayumanis. Tahun 2013, telah dibangun 2 TPS 3 R  yaitu di Kencana (APBD) dan di Lawanggintung (APBN). Untuk tahun 2014 dibangun 1 TPS 3 R Cipaku dengan sumberdana APBN,” beber Dian di Bogor, Senin (23/11/2015). 

Baca juga  4 Pengembang Serahkan PSU ke Pemkot Bogor

Sedangkan di tahun 2015, Dian menyebut telah dibangun TPS 3 R Waste 2 Energy (Green Waste and Green Energy). “Sebanyak 16 TPS 3 R Waste 2 Energy  dibangun untuk mendekatkan sarana pengelolaan sampah di sumbernya. 13 TPS 3 R dibangun di lokasi baru dan 3 TPS 3 R yang sudah ada ditingkatkan sarana pelayanan untuk pengelolaan sampah,” jelasnya. 

Dian merinci, di Bogor Tengah dibangun TPS 3 R di kantor DKP Kota Bogor Jl. Paledang No. 43 dengan sumberdana APBD Kota Bogor. TPS 3R ini kata Dian, akan difungsikan sebagai TPS 3 R Induk Berbasis Aparatur. “TPS 3 R yang ditingkatkan layanan kapasitasnya adalah TPS 3 R Kencana Rw 13 Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal, TPS 3 R Mulyaharja Kelurahan Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan dan TPS 3 R Cipaku Kelurahan Cipaku Kecamatan Bogor Selatan,” ungkapnya.

Baca juga  DPRD Payakumbuh dan Jeneponto Kunjungan Kerja ke Pemkot Bogor

Sedangkan di Bogor Barat ada 3 lokasi yaitu Kelurahan Menteng, Kelurahan Situ Gede dan Kelurahan Bubulak. “Kecamatan Tanah Sareal ada 4 lokasi yaitu kelurahan Kencana RW 10, RW 13, Kelurahan Kayumanis, dan  Kelurahan Mekarwangi.  Kecamatan Bogor Utara ada 3 lokasi yaitu TPS 3 R Kelurahan Tanah Baru, Kelurahan Ciparigi dan Kelurahan Bantarjari. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top