Kota Bogor

MUI Kabupaten Bogor Sambangi Diskominfo, Jalin Koalisi Cegah Terorisme dan ISIS Melalui Informasi

MUI dan Diskominfo Koalisi Cegah ISIS

BOGOR-KITA.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor tancap gas untuk meminimalisir peluang masuknya teroris maupun ISIS ke Kabupaten Bogor, dengan cara mengoptimalkan sosialisasi dan sumber informasi positif melalui berbagai media. MUI Kabupaten Bogor melakukan sharing dan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor.

“Agar penyebaran informasi mengenai bagaimana cara membentengi diri dari berbagai paham dan aliran sesat ISIS maupun terorisme secara tepat sasaran kepada masyarakat melalui teknologi informasi,” kata Ketua MUI Bidang Informasi, Ujang Ruhiat, di Cibinong, Senin (23/11/2015).

Ujang Ruhiat menuturkan, selain sharing, kunjungan kerja ini dilakukan guna meningkatkan keahlian dalam memanfaatkan teknologi informasi secarea optimal, sehingga pihaknya bisa memberikan informasi positif yang dapat mencerdaskan masyarakat untuk sama-sama memberantas berbagai aliran  dan paham sesat seperti terorisme dan ISIS.

Baca juga  Melalui Bogor Green Room, Pemkot Ingin Mendekatkan Diri Dengan Masyarakat

“Kami gunakan semua media baik media cetak dan elektronik. Kami sengaja belajar ke Diskominfo agar kami bisa memanfaatkan teknologi informasi dalam menyampaikan berbagai syiar Islam, sosialisasi dan lainnya. Sehingga kami tidak tertinggal dalam memberikan informasi kepada masyarakat, untuk sama-sama menjaga kondusifitas Kabupaten Bogor,” tutur Ujang.

Teroris maupun ISIS tidak dibenarkan dalam Islam. Pihaknya merasa dinodai dan dirugikan oleh para pelaku teroris dan ISIS yang mengatasnamakan Islam. Meskipun di Kabupaten Bogor tidak ada aliran ISIS, teroris maupun aliran sesat lainnya, namun ia terus berupaya memberantas isu itu, tidak hanya dari sisi informasi, tetapi juga dilakukan melalui koordinasi dan sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, Polres Bogor, Polsek se-Kabupaten Bogor, dan para kader ulama kecamatan.

Baca juga  DPRD Kabupaten Bogor Tetapkan 3 Raperda Jadi Perda Baru

“Kami akan melakukan kerjasama dengan Diskominfo Kabupaten Bogor untuk menutup berbagai konten dan informasi menyesatkan kepada masyarakat demi keamanan dan perbaikan umat masyarakat Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Bogor, Erwin Suriana mengatakan, ia sangat mengapresiasi kunjungan dan sharing yang dilakukan MUI Kabupaten Bogor. Tentunya ini bisa membangun Sumber Daya Manusia (SDM) kedua belah pihak. Selain pemanfaatan teknologi dan media, pihaknya juga memiliki Kelompok Informasi Majelis Taklim yang tersebar di seluruh kecamatan, desa maupun kelurahan se-Kabupaten Bogor, di mana mereka bisa menjadi kepanjangan tangan MUI dalam menyampaikan berbagai informasi untuk memberikan pemahaman mengenai bahaya dari berbagai aliran sesat, teroris maupun ISIS.

Baca juga  PSBB di Kabupaten Bogor, Kesehatan Sopir Angkutan Umum Diawasi

“Kami juga memiliki fiber optic yang sudah kami lakukan untuk menjangkau seluruh OPD, yang pada 2016 sudah menjangkau hingga kecamatan se-Kabupaten Bogor melalui caneling. Di mana berbagai informasi bisa diakses melalui internet dengan mudah hingga wilayah pelosok. Untuk itu kami bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk memantau dan mengawasi, dan memblok berbagai situs formografi dan informasi menyesatkan,” imbuh Erwin. [] Admin

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top