Miliki 17 Inovasi, Kota Bogor Yakin Raih Juara di Lomba Gerak PKK Tingkat Jawa Barat

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat mewakili Kota Bogor dalam lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan tahun 2019 tingkat Provinsi Jawa Barat.

Tim penggerak (TP) PKK kelurahan Gunung batu Kedatangan rombongan tim monitoring dan evaluasi (monev) PKK KKBPK provinsi Jawa Barat yang diterima langsung oleh Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat di gedung serbaguna RW 13, Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (20/11/2019).

Wakil Walikota Dedie A Rachim mengatakan untuk menghadapi lomba kesatuan gerak PKK KKBPK Kesehatan tahun 2019 tersebut ada 17 inovasi yang menjadi andalan Kota Bogor. ke 17 inovasi ini bermuara kepada bagaimana upaya bersama dalam mensejahterakan seluruh masyarakat, langkah langkah yang dilakukan diantaranya terkait dengan bidang kebersihan, inovasi di bidang kewirausahaan dan lainnya.

“Tujuannya adalah bagaimana kita secara serius dan bersungguh sungguh setiap kelurahan di kota Bogor ini memiliki inovasi inovasi. Kalau saya melihat Kelurahan Gunung Batu ini insha Allah bisa meraih nilai maksimal dan mudah mudahan bisa menjadi juara di tingkat provinsi,” kata Dedie.

Sementara, Plt Camat Bogor Barat Wawan menuturkan 17 inovasi warga tersebut sudah dijalankan dalam kehidupan sehari hari. Inovasi itu merupakan bagian dari kesatuan gerak PKK dan semua inovasi itu menjadi unggulan karena keterkaitan semua.

“Kalau kita kan yang lebih di unggulkan kampung KB dan kampung hihid (hayu miluan hidup sehat), karena disini ada pengrajin hihid juga, ada lagi Ruko Aja (rumah konseling anank remaja) dan ini embrio dari sekolah ibu, jadi tutornya itu membuat konseling. Orang tua atau remaja yang ada sedikit curhat dispesasi biro kaca itu di kelurahan gunung batu,” ucapnya

Wawan berharap dengan adanya lomba ini, masyarakat menjadi termotivasi bagaimana mewujudkan pola hidup sehat.

“Kita berharap bukan sekedar lomba ini menjadi kesadaran masyarakat, dengan adanya lomba ini menjadi motivasi masyarakat bagaimana mewujudkan prilaku hidup sehat dan bagaimana mewujudkan lingkungan hidup sehat,” pungkasnya.

Berikut 17 inovasi TP PKK Kelurahan Gunung Batu. Martabak (Masyarakat Taat Kerja Bhakti), Gergaji (Gerakan Remaja Mengaji), Ruko Aja (Rumah Konseling Anak Remaja), Gemerca (Gerakan Remaja Gemar Membaca), Saledri ( Sadar Lingkungan Ekonomi Mandiri), Gehu Pake Bumbu (Gerakan Usaha Pengrajin Bambu), Kolam Batman (Komunitas Lansia Pengrajin Batu Taman), Gelisah Berlinang (Gerakan Bersih Sampah Bersih Lingkungan Tanami Pekarangan), Gede Upah (Gerakan Sedekah Sampah), Bertahan Panik (Bertani Tanpa Lahan dengan Hidroponik), Sayaga (Sayuran Untuk Keluarga), Berseka (Bersih Sehat dengan Kaskus Aman), Talenan (tangkap Leungitkeun Nyamuk), Batako (Bebas Tanpa Rokok), Kompas Nyai (Komunitas Pendukung Asi Nyaah Anak Incu), Kondom Bercahaya (Kontrasepsi Dominan Bersih Aman dan Tidak Berbahaya), dan Ngalanda (Ngajar Lansia Berdaya). [] Ricky



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *