Pasar Gunung Batu

Pasar Gunung Batu Optimistis Raih Juara Pada Lomba Pasar Rakyat Tingkat Jawa Barat

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pasar Gunung Batu berhasil lolos ke peringkat enam besar untuk kategori pasar kecil dalam lomba Pasar Rakyat tingkat Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya Pasar Gunung Batu akan mengikuti Festival Pasar Rakyat di Gedung Sate, Bandung pada 23-24 November 2019 mendatang.

Kepala Unit Pasar Gunung Batu, Iwan Arif Budiman mengatakan, lomba Pasar Rakyat ini dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Sebelumnya diawali dengan tahap sosialisasi kepada pasar-pasar se-Jawa Barat.

“Awalnya sosialisasi dilakukan bulan Maret 2019 kepada 300 pasar di Jawa Barat. Yang memasukkan profil ada 122 pasar,” ucap Iwan, Rabu (20/11/ 2019).

Iwan menjelaskan, pasar Gunung Batu berhasil lolos sebagai peringkat enam besar ketegori pasar kecil setelah dilakukan penilaian secara tertutup dan terbuka dari juri independen. Penilaian itupun dilakukan secara berkala mulai dari Agustus, September dan Oktober 2019.

“Pengumuman hasil pemenang lomba akan dilaksanakan nanti hari Sabtu (23/11/2019) dalam Festival Pasar Rakyat di Gedung Sate, Kota Bandung,” katanya.

Dalam festival itu, lanjut Iwan Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor bakal menampilkan aneka produk lokal berupa makanan dan minuman berbahan baku talas dan buah pala. Selain itu, Pasar Gunung Batu juga akan menampilkan makanan khas Bogor yaitu toge goreng.

Dengan tampil optimal dalam festival tersebut ia berharap Pasar Gunung Batu minimal menjadi juara tiga. Ia mengakui pesaing terberat dalam lomba tersebut adalah pasar Cihapit, Kota Bandung.

“Pesaing terberat kita adalah pasar Cihapit. Tapi saya optimis karena di pasar Gunung Batu memiliki variasi komiditi yang lebih lengkap, ada cendramata perak dan emas,” ujarnya.

Selain itu, menurut Iwan pasar Gunung Batu memiliki beberapa keunggulan, seperti adanya ruang tunggu ramah anak, tempat cuci tangan higenis dan dilengkapi kamera pengawas atau CCTV.

“Dalam upaya untuk asri pasar, kita lakukan penghijauan menanam beberapa pohon dengan memanfaatkan lahan yang ada,” pungkasnya.[] Ricky



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *