Kota Bogor

Menuju Lansia Sehat dan Produktif, Dinkes Kota Bogor Gelar Workshop

BOGOR-KITA.com – Dinas kesehatan Kota Bogor menggelar workshop peningkatan kapasitas menuju lansia sehat dan produktif, Kamis (28/7/2016). Dengan menggandeng Yayasan Peduli Kesehatan Usia Lanjut (Pelita Usila), workshop digelar untuk mencari bentuk atau model dalam pemberdayaan lansia dalam meningkatkan kesehatan keluarga.
Kegiatan yang diikuti perwakilan dari Puskesmas dan Kelurahan se-Kecamatan Tanah Sareal dibuka secara resmi Kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Pinantari Hanum. Sri menuturkan, selama ini lansia itu selalu menjadi objek namun ke depannya diharapkan menjadi subjek dan menjadi agen perubahan minimal di keluarganya sendiri.
“Melalui workshop ini kami akan membentuk kelas-kelas khusus lansia minimal di lima kelurahan dulu,” ujar Sri. “Kelurahannya antara lain Mekarwangi, Kedung Badak, Kebon Pedes, Tanah Sareal dan Cibadak,” imbuhnya.
Sri menambahkan, kegiatan diawali dengan Focus Group Discusion (FGD) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dalam FGD tersebut tim mengindentifikasi apa yang menjadi permasalahan, kebutuhan dan harapan lansia di masing-masing wilayah. Hasil dari FGD tersebut kemudian dibahas dalam workshop ini.
Masih menurut Sri, yang menjadi sasaran dalam kelas lansia ini adalah lansia-lansia yang sehat, punya kemauan dan kemampuan serta produktif. Usianya pun harus 60-69 tahun. “Kegiatan yang baru akan dimulai ini kami fokuskan dulu di Kecamatan Tanah Sareal. Apabila berhasil selanjutnya dikembangkan di Kecamatan lain dan juga di Kota Kabupaten se-wilayah Indonesia,” pungkasnya. [] Admin

Baca juga  Budi Setiawan : Sinergi Pentahelix Penting untuk Pariwisata
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 1 =

Terpopuler

To Top