Devie Prihartini Sultani

Matangkan Raperda Disabilitas Kota Bogor, Pansus akan Undang para Stakeholder

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyelenggaraan Perlindungan Penyandang Disabilitas tengah dimatangkan oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Bogor. Sejumlah pihak dilibatkan termasuk akademisi dan instansi lain.

“Karena pansus ini masih berjalan insyaallah pada saatnya nanti kami akan undang dari berbagai stakeholder terkait untuk memberikan masukan-masukannya dalam merumuskan perda tersebut,” ujar Devie Prihartini Sultani, Wakil Ketua Pansus Raperda Penyelenggaraan Perlindungan Penyandang Disabilitas DPRD Kota Bogor, Minggu (23/8/2020).

Sehari sebelumnya, Devie yang merupakan anggota DPRD dari Partai Nasdem itu hadir pada acara bertajuk ‘Indonesia Inklusi: Agustusan Bersama Orang-orang Hebat’ di Joglo Keadilan, Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Sabtu (22/8/2020). Ratusan penyandang disabilitas hadir termasuk dari Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Bogor.

“Menghadiri undangan ketua PPDI Kota Bogor pak Hasan Basri. Saya apresiasi mereka dengan semangat nasionalisme yang tinggi ikut memeriahkan HUT RI ke 75 ini, saya melihat mereka dengan segala kekurangannya memiliki kelebihan yang juga luar biasa dalam menjalankan kehidupannya,” ujar Devie.

Baca juga  Bima Imbau Pemuda Kota Bogor Setiap Hari Cari Kawan Bukan Cari Lawan

Dikatakan Devie dalam sejumlah kesempatan, perlu adanya peraturan yang menempatkan hak yang sama pada penyandang disabilitas.

“Dalam reses saya beberapa waktu lalu yang juga menghadirkan khusus kawan-kawan dari komunitas ini, mereka harus mempunyai hak yang sama dalam  hal pendidikan, kesehatan, pekerjaan olah raga , kesejahteraan. Untuk itu perlu adanya perda yang mengatur hal tersebut khususnya di wilayah Kota Bogor,” katanya.

Saat ini pihaknya bersama Pansus Penyelenggaraan Perlindungan Penyandang Disabilitas DPRD Kota Bogor terus mematangkan raperda yang diinisiasi DPRD dan wali kota. “Saya sebagai wakil ketua pansus dan juga Partai Nasdem khususnya akan fokus untuk merumuskan yang terbaik untuk teman teman penyandang disabilitas di Kota Bogor dalam berbagai aspek,” tutupnya. [] Ricky



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *