KSKP Forum Wacana IPB Silaturahim Bareng Omda Pascasarjana

BOGOR-KITA.com – Forum Wacana IPB bersama Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda)  melaksanakan pertemuan di Ruang Danau 2, Jumat (24/5/2019). Kegiatan tersebut terlaksana dalam rangka silaturahim dan buka bersama serta kolaborasi untuk berbagai kegiatan kedepannya.

“Kegiatan ini diinisiasi oleh Departemen Kajian Strategis & Kebijakan Publik (KSKP) dan Departemen Public Relation (PR) dan Community Development (Comdev) sebagai langkah awal untuk berkolaborasi. Tujuan besar kegiatan ini adalah merangkul dan berkolaborasi dengan semua stakeholder, salah satunya adalah Omda,” ucap Kiki Yulianto selaku ketua Forum Wacana.

Omda memiliki potensi besar dalam menjadi simpul penyatu setiap mahasiswa dari daerah masing-masing. Hasil pertemuan ini disepakati untuk berkolaborasi dalam beberapa kegiatan ke depanya. Terdapat tujuh Omda pada pertemuan ini yang menyatakan kesediaan berkolaborasi, yaitu 1) IKAMAPSU, 2) FOMPASRI, 3) GAMANUSRATIM, 4) RUMANA SULSELBAR, 5) IMPASSEL, 6) IMMPACS, dan 7) HPMIG BOGOR.

Iswan selaku ketua Departemen KSKP mengungkapkan, Ini menjadi langkah awal untuk kita selalu terhubung dan terjalin kerjasama dan kolaborasi yang baik dalam semua hal-hal baik. Kita menyadari secara historis, Forum Wacana terbentuk dari inisiasi oleh berbagai mahasiswa yang berasal dari OMDA-OMDA oleh para pendahulu dan alumni. Sehingga nilai historis ini ingin kita jaga dan semaikan bersama untuk menciptakan iklim gotong royong dan kolaborasi dengan semua pihak.

Beberapa kegiatan yang menjadi tawaran kerjasama yaitu 1) Inisiasi Departemen PR FW untuk membentuk HA (Himpunan Alumni) Pascasarjana IPB, 2) Kegiatan Penerimaan mahasiswa baru, 3) Student Day, 4) Menulis Buku (Pemikiran dan narasi keilmuwan di IPB, 5) Seminar Nasional KSKP FW, dan 7) Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat, yang saat ini FW memiliki desa binaan yaitu Desa Sukawening.

Sebagai awal yang baik, disepakati tahap awal kolaborasi adalah pada agenda Student Day yang akan dilakukan pada 14 Agustus 2019. Ajakan ini sebagai bentuk kepedulian untuk merangkul dan meningkatkan konektivitas Omda dengan mahasiswa dari berbagai daerah sehingga keberadaan OMDA menjadi pendorong dan pemersatu dalam keberagaman. Terima kasih untuk semua pihak, dan tentunya kolaborasi ini masih sangat terbuka untuk OMDA-OMDA lainya.

Bentuk-bentuk kolaborasi ini tentunya berdasarkan kesepakatan bersama untuk menjalin kolaborasi yang baik. FW dengan nilai kolaborasi yang menjadi salah satu nilai kepengurusan tahun ini mengangkat semua bentuk inisiasi dan inovasi dari manapun untuk di follow up dan upaya untuk diterapkan. Tentunya selain kolaborasi, kita mengharapkan hadirnya nilai-nilai persahabatan dan kekeluargaan yang baik di semua pihak. Sebagaimana pernyataan Kiki Yulianto, bahwa nilai terbesar yang dimiliki oleh FW adalah persahabatan, persaudaraan dan juga perjodohan.

Yang perlu menjadi catatan penting, bahwa kolaborasi dan bentuk kerjasama yang dimaksud sangat beragam, sehingga tidak terbatas pada hal-hal yang sifatnya even saja. FW mengundang kepada semua OMDA untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan. Harapanya juga fungsi-fungsi advokasi di Departemen KSKP FW menjadi jembatan penghubung dengan stakeholder yang lain dalam menampung dan mendorong berbagai usulan dan ide dari OMDA.

Pertemuan berlangsung hangat dan diskusi yang menarik, karena selain pembahasan kolaborasi teman-teman Omda juga banyak menyampaikan hal lain yang menjadi harapan, masukan, dan ide-ide mereka untuk FW, Omda, IPB dan Indonesia tentunya. Pertemuan hangat yang dibalut dengan suasanan kekeluargaan ini ditutup dengan foto bersama. Terima Kasih kepada semua pihak dan atas terselenggaranya pertemuan dan ide-ide kolaborasi ini, semoga menjadi langkah awal yang baik dan berkelanjutan, tutur Iswan ketua Departemen KSKP FW IPB. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *