Kodim 0606 Kota Bogor Gelar Simulasi Bencana di Lapangan Mulyaharja

Simulasi bencana

BOGOR-KITA.com –  “Korban-korban baik yang terluka ringan maupun luka berat segera di evakuasi menuju lokasi yang lebih aman dan dibawa ke tenda pengungsi maupun tenda kesehatan untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.”

Itulah sepotong narasi yang muncul dalam simulasi penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan Kodim 0606/Kota Bogor, di Lapangan Mulyaharja, Sabtu (25/4/2015). Simulasi melibatkan sekitar 300 personel, terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, BPBD Kota Bogor, Menwa (UIKA dan Universitas Pakuan), FKPPI, Tagana, Forkam, PPM dan masyarakat.

Hadir dalam simulasi, Korem 061 Suryakencana Kol.Inf. Fulad, Dandim Let.Kol Rakhmat Santoso, Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Kepala BPBD Ganjar Gunawan, Kepala Dinas Transsosnaker Kota Bogor, camat dan lurah.

Ade Sarip menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada TNI AD untuk inovasi dan kreasinya dalam membantu dalam membangun masyarakat Kota Bogor. ”BPBD Kota Bogor yang baru terbentuk 4 bulan, jelas masih baru dan masih butuh dukungan, karena belum berpengalaman dalam penanganan bencana alam. Namun, dengan kunci kebersamaan yang sudah terbangun, tidak ada yang tidak mungkin untuk dilaksanakan,” kata Ade Sarip

Tidak lupa Ade menjelaskan perihal bantuan berupa hibah 10 truk pemadam kebakaran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Karena kondisinya yang sudah lama tidak dioperasikan, kami menganggarkan dari APBD untuk memperbaiki kondisi truk agar bisa dioperasikan,” kata Ade.

Sementara itu, Danrem 061 Suryakencana mengemukakan, wilayah Bogor termasuk wilayah ke-3 di Jawa Barat yang rawan bencana. "Pengalaman yang ada, ketika bencana terjadi, banyak pihak yang memberikan sumbangan, namun tidak jelasnya koordinasi membuat bantuan itu terlihat percuma.

Di bagian lain Danrem mengemukakan, dengan simulasi ini, setiap pihak dapat melihat dan belajar untuk dapat berperan aktif dan terbagi dalam penanggulangan alam secara  cepat. “Semoga terjalin kerjasama guna kesiapan dini dalam menghadapi bencana di wilayah Kota Bogor,” tegas Kol.Inf Fulad.

Kota Bogor sendiri, sudah membangun 3 Kantor BPBD di antaranya di Sukasari, di Cibuluh dan di Yasmin. [] Admin

Jhatumbnail

Simulasi bencana



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *