Fauzan Feisal, alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University yang saat ini tercatat sebagai CEO Digital Amoeba Program, PT Telekomunikasi Indonesia.

KKN IPB University Digelar di Daerah Asal Mahasiswa

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Dampak pandemi COVID-19 yang sudah menyebar luas di Indonesia menyebabkan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN) tidak mungkin dilakukan menggunakan konsep lama.

Namun, IPB University punya konsep baru.  Dalam rilis dari Humas IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Sabtu (4/7/2020), Fauzan Feisal, mengatakan, konsep baru itu adalah,melakukan KKN di daerah asal masing-masing. bermitra dengan IPB University dengan pelaksanaan semi daring.

“Dengan KKN di domisili masing-masing, kita lebih memahami masalah yang perlu dibantu.  Tokoh-tokoh masyarakat atau stakeholder perlu digandeng untuk menunjang keberlangsungan KKN,” tambah Fauzan Feisal, alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University yang saat ini tercatat sebagai CEO Digital Amoeba Program, PT Telekomunikasi Indonesia, dalam acara Webinar Alumni Insight yang bertajuk Getting Motivated and Learning to Succeed: ‘Become a TechnoSociopreneur’ (1/7/2020).

Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Alumni IPB University ini ditujukan untuk para mahasiswa yang akan menjalani KKN.

Pada  KKN tahun ini, IPB University mengusung tema tentang pencegahan COVID-19 dan ketahanan pangan. Prosedur KKN dilaksanakan seperti KKN sebelumnya, namun bimbingan dilakukan secara online. KKN dilakukan di tingkat kecamatan/kelurahan/desa masing-masing mahasiswa dan pembimbing melakukan bimbingan untuk tingkat kabupaten/kota.

Fauzan mengungkapkan di masa sulit ini semua pihak dituntut untuk berpikir kreatif sehingga dapat menciptakan inovasi baru. Di era digital ditambah adanya pandemi seperti ini, manusia juga perlu berubah. Bahkan dipaksa harus berubah, menyesuaikan dengan eranya.

Dalam webinar tersebut, Fauzan juga mengajak peserta untuk praktik design thinking dengan cara melemparkan satu pertanyaan untuk peserta yang harus dijawab secara spontan. “Design thinking adalah teknik rapat yang ditujukan agar alam bawah sadar seseorang keluar.

Hal itu bisa jadi jalan alternatif dalam berinovasi,” tutur Founder dan CEO Toko Ikanku ini.
Kegiatan KKN-T IPB University ini diharapkan dapat mengasah softskill kemitraan, kerja sama tim lintas bidang ilmu (lintas profesi) dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan. 

Kegiatan KKNT juga diharapkan menjadi kegiatan civitas akademika dalam membantu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat pedesaan yang dilakukan secara berkesinambungan sehingga memberikan manfaat yang optimal baik untuk masyarakat dan pemerintah daerah maupun bagi IPB University sebagai lembaga pengemban Tridharma PerguruanTinggi. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *