Kab. Bogor

Kecamatan Cisarua Berharap Dana Samisade Cair April

Kecamatan Cisarua berharap dana samisade cair April 2021

BOGOR-KITA.com, CISARUA – Mudah-mudahan dana program satu miliar untuk satu desa atau samisade bisa cair pada April 2021 ini.

Hal ini dikemukakan Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Cisarua, Erni Herlynawati, Senin (4/1/2021).

Program samisade diinisasi oleh Bupati Bogor Ade Yasin untuk membangun di pedesaan sekaligus bagian dari pemulihan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi covid-19.

Sebanyak sembilan desa di Kecamnatan Cisarua sudah mengajukan data-data terkait program samisade tersebut.

Sembilan Desa tersebut meliputi Desa Cilember, Desa Leuwimalang, Desa Kopo, Desa Citeko, Desa Cibeureum, Desa Batulayang, Desa Tugu Utara, Desa Tugu Selatan, dan Desa Jogjogan.

“Untuk data sudah masuk di tahun 2019 lalu, dan sudah diverifikasi, dan tahun ini di awal Januari kita ajukan proposalnya,” ujar Erni.

Baca juga  Corona Kabupaten Bogor: Positif Masih Tinggi, 51, Sembuh 35, Meninggal Nihil

Terkait data yang diserahkan, imbuh Erni, sudah diverifikasi dan hampir semuanya lokasi pembangunan yang diajukan disetujui atau diACC oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor.

“Batas waktu pengajuan proposal hingga akhir pekan ini, kami sudah siap, dan mudah-mudahan di April ini sudah bisa dicairkan,” harapnya.

Staf Ekbang Ajud mengatakan, realisasi anggaran Samisade ini akan dialokasikan untuk sejumlah fasilitas masyarakat dan pengembangan desa mulai dari infrastruktur, akses wisata hingga, fasilitas pendidikan.

“Ya bisa ke pendidikan, bisa juga infrastruktur penunjang wisata, dan bisa juga  buat pendidikan atau MCK juga bisa,” ujar Ajud.

Ia berharap, program Samisade ini bisa mendongkrak pembangunan desa. Dengan begitu, sejumlah fasilitas maupun infrastruktur yang tidak tersentuh oleh APBD Desa bisa dibangun melalui program samisade. [] Danu

Baca juga  Ade Yasin Sambut Baik Raperda Inisiatif DPRD tentang Perangkat Desa

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!