Pelatihan 37 Tagana di Griya Inkopabri Cisarua Jalan Hankam KM.80 Kampung Cipari Desa Leuwimalang Kecamata Cisarua, Selasa (9/7/2019).

Kabupaten Bogor Siaga Bencana, Rustandi Buka Pelatihan 37 Tagana

BOGOR-KITA.com – Dalam rangka kesiapan para Taruna Siaga Bencana (TAGANA) menghadapi bencana alam kususnya pada kegiatan pra bencananya, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor menggelar pelatihan dan pemantapan anggota bertempat di Griya Inkopabri Cisarua Jalan Hankam KM.80 Kampung Cipari Desa Leuwimalang Kecamatan Cisarua, Selasa (9/7/2019).

Sebanyak 37 orang TAGANA ikut dalam pelatihan yang dilaksanakan selama Lima hari. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Sosial, Rustandi. Tak lupa turut hadir Direktur PSKBA Kemensos RI (Iyan), Dinas Sosial Provinsi, BPBD Kabupaten Bogor serta ketua TAGANA Kabupaten Bogor H.Taufik.

“Pelatihan Tagana dipersiapkan untuk pemantapan siaga menghadapi bencana maupun pra bencana meliputi Tagana Bersama Alama, Tagana Masuk Sekolah, Tagana Bersama Dunia Usaha dan Tagana Peduli Masyarakat. Mereka yang dikutsertakan yakni perwakilan dari Desa-desa yang rawan bencana longsor, banjir dan angin puting beliung,” Ketua TAGANA Kabupaten Bogor, H.Taufik kepada wartawan, kemarin.

Selain itu, lanjut Taufik, dalam pelatihan para taruna diberikan pengetuhuan dasar- untuk penanggulangan bencana. Baik itu bencana alam seperti longsor, banjir, kebakaran, kekeringan, gempa, dan lain-lain. “Pengetahuan berupa potensi bencana yang ada di wilayah masing-masing,” tambahnya.

Para Taruna diberikan simulasi tata cara menolong orang saat terjadi bencana. Nantinya, Dinsos secara intensif melakukan pertemuan untuk memberikan arahan kepada para taruna. 

“Para pembina juga selalu diarahkan untuk membaca sumber-sumber terkait bencana,” tukasnya. [] Admin/Pkr



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *