Kab. Bogor

Jubir Covid-19 Kabupaten Bogor: 98 Positif, 45 dari Parungpanjang, Satgas Desa Jadi Solusi

Jubir Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Irwan Purnawan.

BOGOR-KITA.com,  CIBINONG – Jumlah tertular baru covid-19 di Kabupaten Bogor, Sabtu (6/2/2021) sebanyak 98 orang. Dari segi sebaran, hanya 10 kecamatan yang terpapar covid-19, sementara 30 kecamatan lainnya nihil kasus positif baru.

Dari 98 positif baru, dari Parungpanjang terbanyak, yakni 45 positif baru. Terbanyak kedua adalah Kecamatan Bojonggede dengan 29 kasus.

Bupati Bogor Ade Yasin sudah mengeluarkan instruksi pengetatan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan. Salah satu instruksi adalah memerintahkan camat, kepala desa dan lurah untuk mengaktifkan satgas covid-19 di tingkat kecamatan, tingkat desa sampai satgas tingkat RT dan RW

“Instruksi tersebut merupakan solusi dan oleh sebab itu harus segera direaliasi untuk memutus rantai penularan covid-19 di Kabupaten Bogor,” kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan, Sabtu (6/2/2021) malam.

Baca juga  Vaksinasi untuk Pelayan Publik Kota Bogor Mulai 1 Maret, Lansia Belum Dapat Jatah

Irwan Purnawan yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor mengatakan, satgas di tingkat RT dan RW menjadi sangat vital, karena saat ini setiap hari terjadi kasus penularan dalam keluarga atau transmisi keluarga.

Irwan mengapresiasi puskesmas yang gesit melakukan tracing. “Dari 98 kasus positif baru, sebanyak 90 kasus merupakan tracing puskesmas,” kata Irwan.

Secara khusus Irwan menyorot penularan yang terjadi di Parungpanjang.

Dari 45 kasus di Kecamatan Parungpanjang terdapat  10 kasus transmisi keluarga yang berasal dari 4 desa yaitu Desa Cibunar (4 keluarga), Desa Kabasiran (2 keluarga), Desa Lumpang (1 keluarga) dan Desa Parungpanjang (3 keluarga).

Dari 10 kasus transmisi keluarga tersebut, 5 kasus berasal dari kompleks perumahan di 2 desa yakni Desa Cibunar  dan Desa Parungpanjang, 5 kasus berasal dari perumahan non komplek yang tersebar di Desa Cibunar, Desa Lumpang  dan Desa Parungpanjang.

Baca juga  Indonesia Miliki 28 Juta Dosis Vaksin Covid-19

“Peran Satgas Desa sangat  penting untuk menyosialisasi protokol kesehatan terutama bagi rumah tangga yang ada anggota keluarganya keluar rumah baik untuk bekerja maupun untuk kepentingan lain,” kata irwan.

98 Kasus Positif Baru:

Bojonggede: 29

Caringin: 5

Ciampea: 2

Cigombong: 1

Cigudeg: 5

Ciomas: 1

Dramaga: 6

Leuwiliang: 3

Leuwisadeng: 1

Parungpanjang: 45

61 Kasus Sembuh:

Babakanmadang: 6

Bojonggede: 18

Ciawi: 3

Cibinong: 6

Cileungsi: 1

Ciomas: 2

Gunungputri: 10

Jonggol: 1

Rancabungur: 4

Sukaraja: 5

Tajurhalang: 2

Tamansari: 3

2 Kasus Meninggal:

Parungpanjang: 2

[] Hari

 

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top