Bupati Bogor Ade Yasin meresmikan Jembatan Gerendong, Kamis (13/8/2020)

Jembatan Gerendong Kado Emas untuk Masyarakat Jelang HUT RI

BOGOR-KITA.com, RUMPIN – Peresmian Jembatan Gerendong menjadi kado emas untuk masyarakat Kecamatan Rumpin jelang hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI.

Hal itu dikemukakan oleh seorang tokoh pemuda Rumpin, Endi Supiandi kepada wartawan di sela peresmian Jembatan Gerendong oleh Bupati Bogor Ade Yasin, Kamis (13/8/2020).  

Jembatan Gerendong yang baru, memiliki panjang 80 meter, lebar badan jalan 6 meter serta trotoar kiri dan kanan masing – masing 0,5 meter. Jembatan ini membentang di atas Sungai Cisadane dan berada di wilayah perbatasan Kecamatan Ciseeng dan Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Dikatakan Endi Supiandi, adanya Jembatan Gerendong baru memang sudah lama menjadi harapan masyarakat sejak jembatan lama seringkali mengalami kerusakan. “Kondisi Jembatan Gerendong lama itu sudah lapuk dimakan usia, karena sudah sejak puluhan tahun lalu dibangun. Jadi, Jembatan Gerendong baru ini, menjadi kado emas buat warga Rumpin dan sekitarnya,” jelas pria yang akrab disapa Hendri.

Hal serupa diungkapkan Djaja Soedirja tokoh masyarakat Kecamatan Rumpin. Dia menjelaskan, masyarakat Kecamatan Rumpin awalnya tidak memiliki akses penghubung langsung ke arah Kecamatan Ciseeng maupun Gunungsindur. Masyarakat Rumpin yang hendak menuju ke Kecamatan Ciseeng harus menggunakan rakit (perahu) bambu. “Pada sekitar tahun 80-an Pemkab Bogor merencanakan dua pembangunan jembatan, yaitu Jembatan Leuwiranji di batas Rumpin dan Gunungsindur serta Jembatan Gerendong di perbatasan Rumpin dan Ciseeng,” ungkapnya.

Baca juga  Pemkab Bogor Kerja Keras Dukung UMKM di Masa Pendemi

Selanjutnya saat Bupati Bogor dijabat oleh Soedrajat periode pada periode 1983-1988, sambung Djaja, akhirnya jembatan Gerendong selesai dibangun dengan sebagian besar pembiayaannya didapatkan dari dana swadaya masyarakat serta bantuan CSR beberapa perusahaan swasta. “Sejak pertama dibangun, Jembatan Gerendong lama juga sempat direhab total pada tahun 1997, karena konstruksi pondasi jembatan rusak parah akibat dihantam derasnya banjir bandang sungai Cisadane,” ungkapnya.

Sementara Camat Rumpin Rusliandy mengaku atas nama masyarakat Kecamatan Rumpin, dirinya menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan dan menyampaikan terimakasih atas telah selesainya pembangunan Jembatan Gerendong yang baru saja diresmikan oleh Bupati Bogor Ade Yasin. “Semoga adanya jembatan baru ini dapat menjadi akses lalu lintas yang lebih memadai dan mampu membantu kelancaran aktifitas masyarakat serta meningkatkan roda perekonomian warga,” imbuhnya. [] Fahry



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *