Kota Bogor

Jelang Lebaran, Sapi Potong Meningkat dari 50 menjadi 500 Ekor Per Hari

Bima tinjau rumah potong hewan

BOGOR-KITA.com – Permintaan daging sapi atau daging ayam menjelang Lebaran meningkat sangat drastis. Pada hari hari biasa, Rumah Potong Hewan (RPH) Terpadu Kota Bogor hanya memotong sekitar 50 ekor sapi per hari.

Tetapi memasuki Ramadhan jumlahnya meningkat dan puncaknya terjadi sejak H-3 menjelang Lebaran di mana jumlah sapi yan dipotong per hari mencapai lebih dari 500 ekor.

“Kalau sudah begitu waktu 24 jam rasanya menjadi tidak cukup untuk melayani pemotongan hewan,” kata Kepala UPTD RPH Terpadu Kota Bogor, Drh.R.B. Arief Mukti W,MM di Bogor, Senin (13/7/2015).

Untuk satu ekor sapi saja dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 45 menit. Sebab setelah disembelih, seekor sapi masih harus diproses untuk dikuliti, dipisahkan jeroan-nya dan dipisahkan kepala serta kakinya. Nah, bayangkan waktu yang diperlukan untuk menyembelih ratusan ekor sapi.

Untungnya RPH yang berlokasi di daerah Bubulak ini sudah didesain menjadi RPH yang memang mampu melayani pemotongan ternak dalam jumlah besar. Tersedia 3 alat perangkap sapi yang membuat sapi siap dipotong dan 9 tempat pemrosesan sapi setelah disembelih.

Baca juga  Pemkot Bogor Sulap Kampung Perca Jadi Destinasi Wisata

Selain sapi dan kerbau, RPH juga melayani penyembelihan kambing dan ayam. Jumlah kambing tidak terlalu banyak, rata-rata hanya 4 sampai 5 ekor per hari. Tetapi ayam, jumlahnya bisa mencapai 2.000-an ekor per hari. Pelayanan penyembelihan dilakukan selama 24 jam per hari dan 7 hari per minggu. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top