Kab. Bogor

Jasindo Wujudkan Lingkungan Bersih di Citeureup

BOGOR-KITA.com – Kampung Sehat Jasindo menggelar bakti sosial (Baksos) berupa pemeriksaan dan pengobatan kesehatan, pameran UKM di Sergai bersih-bersih lingkungan dan pengecatan kampung, yang ada di Desa Citeureup, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Rabu (28/11/2018).

Direktur Keuangan dan Investasi Jasindo, Didit Mehta, mengatakan, wilayah yang dibina di Kampung Jasindo ini meliputi tiga RW, yaitu RW 04, RW 05 dan RW 06 dengan total jumlah penduduk kurang lebih 6.000 jiwa berlokasi di Desa Citeureup Kecamatan Citeureup, dengan hampir sebagian warganya adalah janda dan anak yatim.

“Sebelumnya mereka mengeluhkan banyak keluhan penyakit seperti ISPA, TBC, Katarak permasalahan gizi keluarga dan lain sebagainya, tentu saja hal-hal tersebut di sebabkan banyak faktor seperti lokasi warga yang di dekat pabrik semen, kurangnya motivasi dan ilmu dalam menjaga kesehatan tempat tinggal, dan juga tentunya faktor ekonomi yang cukup sulit,” kata dia kepada wartawan.

Didit menjelaskan, pada tahun pertama kampung sehat jasindo yakni 2015 sebagai tahap perintisan, diperoleh hasil kegiatan pengobatan kesehatan yang di laksanakan secara berkala. “Alhamdulillah bisa berhasil menurunkan angka terjadinya penyakit ISPA, penyakit tersebut merupakan  paling sering diderita oleh warga pada tahun itu,” imbuhnya.

Baca juga  LBH KBR Gugat SK Bupati Bogor Soal Ijin Tambang di Desa Antajaya

Lebih lanjut dia mengatakan, pada tahun 2016 kegiatan pengobatan kesehatan umum, gigi dan  visit dilanjutkan, pihaknya juga mulai memberikan pelatihan dasar UKM pembuatan barang-barang yang bernilai jual dari koran bekas.

“Pada tahun ini juga dilakukan pelatihan pengelolaan lingkungan, disertai dengan adanya bantuan 1.000 pohon dari PT. Asuransi Jasa Indonesia kegiatan lingkungan disemarakkan dengan adanya lomba lingkungan hijau untuk 3 RW dan dinilai langsung oleh PT Jasindo berfokus untuk tahun 2018 kampung sehat jasindo,” imbuhnya.

Didit menambahakan, berfokus pada kemandirian ekonomi masyarakat, pemberian berupa rumah internet Jasindo dan pelatihan penggunaan media online sebagai bentuk marketing produk dinilai sangat membantu dalam meningkatkan omset perjualan.

“Para kader juga secara aktif memberikan layanan kesehatan dasar pada masyarakat di 3 RW berupa pengecekan tekanan darah dan juga tes darah sewaktu,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Budi Nulhakim yang turut hadir pihaknya menyambut baik peran serta aspirasi Jasindo untuk memperhatikan masyarakat di kabupaten Bogor dalam penataan lingkungan.

Baca juga  Pasar Anyar Kota Bogor Kini Bersih dan Teratur

Dalam menata lingkungan meningkatkan kreatifitas dan inovasi masyarakat ingin lingkungan lebih nyaman dan asri khususnya dalam penataan lingkungan. “Mudah-mudahan dengan didorong ada kerjasama pihak perusahaan. ini dapat memotivasi bagi lainnya dan kabupaten Bogor, lingkungannya menjadi lebih tertata,” pungkasnya. [] Admin/PKR

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top