Kab. Bogor

IPB University Sepakati Kerjasama dengan Pemkab Ogan Komering Ulu

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – IPB University jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu. Kerjasama itu dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani langsung oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria dan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Ogan Komering Ulu, Drs Edward Chandra, MH di Kampus IPB University di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jumat (4/6/2021)

Ruang lingkup kerjasama terkait bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pembangunan daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait penyelenggaraan seminar dan pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyebut, kerjasama ini mendorong inovasi IPB University dapat dimaksimalkan untuk pengembangan pertanian di daerah. Inovasi yang dihasilkan IPB University, kata Prof Arif, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah.

Baca juga  IPB, ITB, UGM Perguruan Tinggi Terinovatif 2020

Ia mencontohkan pengelolaan sampah di Kampus IPB University di Dramaga. Sampah dikelola di dalam kampus secara mandiri, diolah sampai menghasilkan pupuk. Langkah ini, sebutnya, dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah dalam mengelola sampah di wilayahnya.

“Semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar. Tentu ke depan tidak hanya dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, tapi bisa lebih luas, dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” tutur Prof Arif.

Sementara itu, Plt Bupati Ogan Komering Ulu, Drs Edward Chandra, MH mengatakan, Kabupaten Ogan Komering Ulu memiliki potensi sumber daya yang besar, terutama di sektor pertanian dan perkebunan.

“Banyak potensi Ogan Komering Ulu yang bisa dikerjasamakan bersama perguruan tinggi. Terutama IPB University sebagai gudang inovasi. Dari sini kita bisa banyak belajar, seperti contoh jagung bisa dimanfaatkan untuk berbagai produk olahan, atau seperti beras analog,” kata Edward.

Baca juga  Gairahkan Membaca dan Literasi, TBM Lentera Pustaka Sosialisasikan CSR di Taman Bacaan

Ia menyadari bahwa Kabupaten Ogan Komering Ulu perlu dukungan perguruan tinggi sebagai lumbung peneliti dan inovasi. Dengan dukungan tersebut, ia yakin hal itu akan mampu melakukan percepatan pembangunan di daerah-daerah di Indonesia. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top