Kab. Bogor

IPB, Universitas Subang dan Pemerintah Kabupaten Subang Jalin Kerjasama Terkait Data Desa Presisi

Penandatanganan MoU kerja sama data desa presisi oleh Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria, Bupati Subang, H Ruhimat, SPd, MSi, dan Rektor Universitas Subang, Dr Ir Drs HA Moeslihat Komara, MSi di Kampus IPB Dramaga, Selasa (23/2/2021).

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – IPB University dan Universitas Subang sepakat melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang perihal Program Pengembangan Desa Berbasis Data Presisi. Penandatanganan nota kesepahaman bersama atau Memorandum of Understanding dilakukan oleh Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria, Bupati Subang, H Ruhimat, SPd, MSi, dan Rektor Universitas Subang, Dr Ir Drs HA Moeslihat Komara, MSi di Kampus IPB Dramaga, Selasa (23/2/2021).

Dalam rilis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Rabu (24/2/2021) Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria mengatakan, akurasi data desa sangat menentukan keberhasilan perencanaan pembangunan. Sebab data menjadi sumber pengambilan keputusan. Keputusan yang berbasiskan data yang kurang akurat niscaya akan menimbulkan berbagai persoalan di lapangan.

Baca juga  Dosen IPB Temukan Masker Spirulina Kolagen, Aktif Hilangkan Jerawat

“IPB University selalu mendukung pembangunan desa berbasis data presisi dan kekuatan inovasi. Kerjasama ini bisa diperluas tidak hanya pada program data presisi tapi terutama pada bidang pangan karena Subang merupakan salah satu lumbung pangan nasional,” ungkap Prof Arif.

Langkah kerjasama ini, menurut Prof Arif merupakan kesempatan untuk kolaborasi mendiseminasikan inovasi-inovasi IPB University di Kabupaten Subang. Dengan inovasi dan teknologi yang sudah diciptakan IPB University, ia yakin kedaulatan pangan dapat diwujudkan.

“Saat ini IPB University sudah mampu memantau kondisi tanaman menggunakan satelit. Dengan teknologi terbaru, kita bisa melihat kondisi kesehatan padi, pertumbuhannya, risiko yang mungkin terjadi. Ini penting untuk bisa dikembangkan di tingkat kabupaten. Kerjasama ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan riset,” ujar Rektor.

Baca juga  Dosen IPB University Ungkap Fakta Indonesia yang Memiliki Segitiga Terumbu Karang Dunia

Bupati Subang, H Ruhimat, SPd, MSi mengungkapkan pentingnya program Data Desa Presisi dikembangkan di daerahnya. Sebab, dirinya mencemaskan adanya ketidakakuratan data bahkan sejak tingkat Rukun Tetangga (RT). Ia mencontohkan, dalam penyaluran bantuan sosial yang sering salah sasaran akibat data yang tidak akurat.

“Kami siap all out demi data yang akurat bagi Kabupaten Subang. Terima kasih kepada pihak IPB University. Saya berharap ke depan kita bisa mengembangkan kerjasama untuk bidang-bidang lainnya. Terutama bagaimana mengembangkan sumberdaya alam yang kami miliki betul-betul bermanfaat bagi bangsa khususnya Subang,” ujar Bupati.

Sementara itu, Rektor Universitas Subang, Dr Ir Drs HA Moeslihat Komara, MSi mengatakan, civitas akademika Universitas Subang siap membantu kerjasama ini dengan baik. Sebab sebagai putra asli Subang, para civitas tentu dapat memahami dengan benar situasi-kondisi, adat istiadat, budaya serta kearifan lokal Kabupaten Subang. Hal itu diyakininya, merupakan modal kuat Universitas Subang dalam menjadi bagian dari kerjasama ini.

Baca juga  Disimpan Lama, Ini Cara Menjaga Mutu Daging di Masa Pandemi

“Ini juga menjadi momen yang tepat untuk kami bisa belajar lebih banyak dari IPB University. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan meridhoi apa yang akan kita kerjakan ke depan sehingga membawa hasil sesuai yang kita harapkan,” tutup Dr Moeslihat. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top