Kuliah umum oleh Dr. Beata Joanna Grawryszewska

IPB Hadirkan Pakar Lanskap dari Polandia Beri Kuliah Umum

BOGOR-KITA.com – Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) mengundang pakar arsitektur lanskap dari Polandia untuk memberikan kuliah umum di Ruang Sidang Faperta, Kampus IPB Dramaga, Bogor Selasa (9/4/2019). 

Dalam rilis yang diterima BOGOR-KITA.com, Jumat (12/4/2019) kuliah umum yang membahas tentang “Equilibrium and Infinity Renaissance and Baroque in European Garden art of XV-XVIII Century” itu menghadirkan pembicara Dr. Beata Joanna Grawryszewska yang merupakan Head of Department of Landscape Art, Faculty of Horticulture, Biotechnology and Lanscape Architecture, Warsaw University of Life Science, Polandia.

 Ketua Departemen Arsitektur Lanskap, Faperta IPB, Dr. Ir. Afra Donatha Nimia Makalew, M.Sc mengatakan kuliah umum tersebut diadakan dengan tujuan menambah pengetahuan dan wawasan mengenai arsitektur lanskap  Eropa bagi para akademisi IPB, terutama mahasiswa.

“Kami sangat berharap mahasiswa yang hadir bisa mendapatkan informasi dan pelajaran baru mengenai desain lanskap yang ada di Eropa terutama menyangkut renaissance lanskap dan baroque lanskap,” tutur Afra.

Terkait renaissance dan baroque lanskap, Dr. Beata mengatakan kedua lanskap tersebut merupakan lanskap yang dibangun sejak abad pertengahan. Menurutnya, renaissance lanskap merupakan gaya baru lanskap taman yang muncul pada abad ke-15. Renaissance lanskap terinspirasi oleh cita-cita klasik yang berupa ketertiban dan keindahan sehingga tercipta pemandangan yang indah. 

“Renaissance lanskap di Eropa terlihat mencolok di Italia, di sana dibangun villa-villa yang menerapkan konsep lanskap tersebut dengan ornamen air mancur, patung, dan fitur-fitur yang dibuat untuk menyenangkan pemilik villa tersebut,” tutur Dr. Beata.

Adapun baroque lanskap, Dr. Beata menjelaskan bahwa lanskap tersebut muncul setelah renaissance lanskap. Baroque lanskap muncul di abad ke-17 yang diawali dengan munculnya desain baroque lanskap di Italia. Ciri khas yang dimiliki oleh desain lanskap baroque adalah kemegahan, kekayaan sensual, kegembiraan emosional, dan kecenderungan untuk mengaburkan perbedaan antara berbagai seni.

“Baroque lanskap ini merupakan seni baru di bidang arsitektur lanskap. Ciri khas dari seni ini adalah adanya aksis dan channel yang tidak terbatas dan memiliki skala taman yang luas,” tambah Dr. Beata. [] Admin / IPB University



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *